Ratusan Lansia Kabupaten Malang Masuk Target Vaksinasi, Ini Syarat dan Cara Daftar

  • Whatsapp
Ratusan Lansia Kabupaten Malang
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-MALANG- Ratusan Lansia Kabupaten Malang masuk target vaksinasi. Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo, Rabu (7/4/2021). Pihaknya sedang menyasar 163 warga Lanjut Usia (Lansia) sebagai penerima Vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA: 4.060 Vial Vaksin Tahap Kedua Mulai Disebar di Kabupaten Malang – Imperiumdaily.com

Baca Juga

BACA JUGA: Jatah Vaksinasi Guru Swasta Kabupaten Malang Belum ada Kejelasan – Nusadaily.com

Namun ada syaratnya. Yakni Lansia tidak memiliki penyakit bawaan (Komorbid). Syarat lainnya adalah akan segera berangkat beribadah haji juga diberikan kesempatan untuk disuntik vaksin.

“Syarat itu diberlakukan secara ketat guna menghindari efek penyerta vaksinasi Covid-19 bagi warga yang berusia 60 tahun ke atas,” ungkapnya soal Lansia tersebut.

Bagi lansia yang ingin mengikuti vaksinasi, para lansia atau keluarganya bisa mendaftar sebagai calon penerima vaksin Covid-19. Caranya dengan mengakses situs resmi Kementerian Kesehatan, www.kemkes.go.id.

“Setelah terdaftar, nantinya Dinas Kesehatan Kabupaten Malang akan mendapatkan data tersebut. Dan menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia,” tuturnya soal Ratusan Lansia Kabupaten Malang.

Mantan Direktur RSUD Lawang itu memuturkan bahwa kelompok lansia memang mendapat prioritas vaksinasi Covid-19. Sebab mereka merupakan salah satu yang paling rentan terpapar virus.

“Pemerintah berharap lansia-lansia ini kalau sudah divaksinasi tidak sakit. Makanya lansia yang disasar adalah yang tidak komorbid,” ujarnya

Selain itu, pemerintah juga membuka kesempatan bagi lansia yang akan pergi beribadah di tanah suci Makkah. Yakni untuk mendapatkan suntikan vaksin terlebih dahulu.

“Lansia prioritas vaksin Covid-19 juga yang menjadi jamaah haji tahun 2021,” tutupnya.(aje/cak)