Ratusan Desa di Kabupaten Blitar Belum Ajukan Pencairan BLT DD

  • Whatsapp
Ratusan desa di Kabupaten Blitar
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Dwi Novyanto.

NUSADAILY.COM-BLITAR- Ratusan desa di Kabupaten Blitar belum mengajukan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021. Dari 220 desa yang tersebar di 22 kecamatan, hanya 110 desa yang sudah mengajukan.

BACA JUGA: Data Penerima Masih Semrawut, BLT DD Tahap Kedua di Blitar Ditunda – Nusadaily.com

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Ratusan Desa di Blitar Belum Terima BLT DD Tahap Kedua – Imperiumdaily.com

“Jadi tahun ini untuk program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tetap berjalan. Masing-masing penerima mendapat Rp 300 ribu per bulan,” kata Dwi Novyanto, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar kepada Nusadaily.com, Kamis 4 Februari 2021.

Dwi Novyanto menuturkan, pihaknya sudah menerima pengajuan pencairan BLT DD. Ada 110 desa yang sudah mengajukan. Diharapkan dalam minggu ini sudah bisa dicairkan.

Bagi desa yang mengajukan pencairan BLD DD harus memenuhi syarat, yaitu Perdes tentang APBDes, serta Perkades tentang penerima BLT DD. Untuk Perkades BLT DD juga dilakukan verifikasi faktual, agar tidak terjadi penerima yang ganda.

“Sebenarnya Perdes untuk 110 desa lainnya sudah banyak yang masuk. Namun masih ada kekurangan berkas, salah satunya tentang Perkades penerima BLT DD. Sehingga saat ini masih menunggu pengajuan dari desa untuk melengkapinya,” tuturnya soal ratusan desa di Kabupaten Blitar belum ajukan BLT DD.

Dwi menambahkan, untuk data keseluruhan penerima BLT DD pada tahun lalu, dari 220 desa yang ada mencapai 19 ribu lebih. Tahun 2021 ini, penggunaan dana desa memang diprioritaskan untuk bantuan langsung tunai, kemudian untuk pencegahan COVID-19.(tan/cak)