Mensos dan Menko PMK Bakal Siapkan Tempat Baru Buat Warga yang Tinggal di Lokasi Rawan

  • Whatsapp
mensos gempa
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Menteri koordinator bidang Pembanguna Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy ketika mengunjungi salah satu kawasan terdampak gempa, Minggu (11/4/2021).(istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengunjungi salah satu kawasan terdampak gempa di Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Pada kesempatan tersebut, keduanya memantau lokasi sekaligus memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak.

“Untuk pengkondisian wargai dan makanan, sudah kami beri bantuan makanan sebanyak dua truk. Saat ini, sedang kami siapkan pengungsian, sesuai dengan perintah pak menko (Menko PMK),” terang Risma.

Baca Juga

BACA JUGA: Gerak Cepat, Mensos Risma Kunjungi Korban Gempa di Malang

Menurut Risma, sampai saat ini, kondisi iklim masih belum bisa diprediksi. Untuk itu, ia meminta seluruh warga yang kondisi rumahnya mengkhawatirkan, untuk sementara mengungsi di tempat yang lebih aman terlebih dahulu. Ada dua tempat pengungsian yang telah disediakan.

“Tadi, tempatnya sudah dipilih, di lapangan sepak bola. Salah satunya, Taman Asri, tadi sudah kami cek. Nanti, saya minta juga ada tendanya,” kata mantan Wali Kota Surabaya itu.

Sementara, terkait tempat tinggal warga yang mengkhawatirkan, akan dilakukan relokasi. Sebab, jika terjadi bencana alam, bisa membahayakan.

“Tadi, ada sejumlah lokasi yang sangat mengkhawatirkan, tempatnya di lereng gunung. Kalau memang tempatnya mengkhawatirkan, pak Menko (Menko PMK) minta (warga) dicarikan lokasi aman. Kalau bisa relokasi, ya akan dibangunakan dari PU (Kementrian PUPR) agar dibangun dengan standar gempa,” papar dia.

Saat ini, ada sekitar 40 rumah yang dalam kondisi rusak berat. Tentunya, dalam perbaikan infrastruktur harus dilakukan secara bertahap.

“Kalau rusak berat, penanganannya berbeda. Sekarang, tanggap bencana dulu. Bu Mensos (Tri Rismaharini) menjamin kebutuhan dasar warga terpenuhi. Warga yang terluka juga sudah dibawa ke Puskesmas, baru dipikirkan infrastrukturnya,” sambung Muhadjir.

Setelah ini, lanjut dia, pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi bersama dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

BACA JUGA: Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Malang, Gubernur Khofifah Minta Siapkan Posko Khusus

“Sore ini, kami akan rapat terkait hal ini. Sebagai langkah antisipasi sambil menunggu dari BMKG kalau kondisi sudah aman,” pungkas dia.

Sebagai informasi, akibat gempa bumi yang terjadi, Sabtu (10/4/2021), di Kabupaten Malang terdata ada tiga korban jiwa. Sementara, di Kabupaten Lumajang, ada lima korban jiwa dan 428 KK yang terdampak.(nda/lna)