Khofifah Viralkan Pesan Nenek Usia 100 Tahun Sembuh dari Covid, Disiplin Pola Hidup Bersih

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Hari Lansia Nasional, Jumat 29 Mei 202, mendapat kado istimewa. Ikhtiar Tim Gusgas yang tak kenal lelah, berbuah. Seorang nenek berusia 100 tahun sembuh dari Covid-19.

Usai sembuh, nenek bernama Kamtin yang dihubungi Khofifah melalui video conference di UPT PSTW Dinas Sosial Jatim tersebut memberikan pesan kepada seluruh warga Jatim.

Baca Juga

Eyang Kamtin biasa disapa, warga Dusun Gendong (perbatasan Kota Surabaya dan Gresik), merupakan pasien sembuh Covid-19 atau disebut survivor Covid-19 tertua di Indonesia.

Eyang berusia 100 tahun dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan selama empat pekan di RS PHC Kota Surabaya.

“Ibu kami dirawat sebulan di rumah sakit PHC karena Covid-19. Alhamdulillah karena beliau disiplin, rajin minum vitamin dan menjalankan hidup bersih dan sehat hingga sekarang, ibu kami sehat,” tutur Siti Aminah, menantu dari putra terakhir Eyang Kamtin.

Banyak penelitian menyebut bahwa lansia menjadi populasi berisiko terpapar Covid-19. Namun apa yang terjadi pada Eyang Kamtin malah sembuh dan menjadi survivor Covid-19 tertua di Indonesia.

“Pesan dari Eyang Kamtin dalam melawan Covid-19 adalah yang penting disiplin, dan biasakan untuk hidup bersih dan sehat. Itu juga yang terus kami sampaikan ke warga di sekitar kami tinggal. Yang Alhamdulillah juga adalah salah satu kampung tangguh,” ucap Siti Aminah.

Berkaca pada kesembuhan Ibu Kamtin, Gubernur Khofifah berpesan akan pentingnya tingkat kedisiplinan dan pola hidup bersih sebagai faktor kesembuhan pasien Covid-19.

“Disiplin adalah vaksin paling manjur di saat vaksin belum ditemukan. Kedua adalah hidup bersih dan ketiga serta ikuti protokol kesehatan,” ungkap Gubernur Khofifah.

Kabar kesembuhan itu memunculkan optimisme baru. Gubernur Khofifah meminta masyarakat untuk terus semangat.