Khofifah Dorong Batik Pamekasan Patenkan Desain ke HAKI

  • Whatsapp
HAKI Batik
Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Sentra Batik Pamekasan. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mendorong agar desain kreatif batik di sentra batik Pamekasan didaftarkan hak paten ke HAKI.

Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Kemenkum HAM RI itu akan melindungi pengusaha dari pembajakan atau jiplakan yang merugikan pengusaha UMKM.

"
"

Baca Juga

"
"

BACA JUGA : Gubernur Khofifah Serahkan Ventilator ke RSUD Bangkalan, Sampang dan Sumenep

“Produk industri kreatif seperti desain batik luar biasa. Karenanya, kreativitas dan inovasi terhadap desain batik yang sudah menjadi produk harus segera didaftarkan kepada Hak Kekayaan Intelektual. Supaya ini menjadi bagian dari penguatan pengakuan ekonomi kreatif (ekotif) yang membutuhkan inovasi dan kreativitas,” ujar Khofifah.

Khofifah, saat meninjau sentra batik Pamekasan, melihat potensi geliat pelaku UMKM ini besar, apalagi sesuai data bahwa UMKM memiliki kontribusi terhadap PDRB Jatim sebesar 54 persen.

Jumlah pelaku UMKM telah mencapai 9,78 juta. Namun di masa pandemi Covid-19, pelaku UMKM juga ikut terdampak dan menderita pelemahan.

Bangkitnya ekonomi Jatim daya ungkit terbesar adalah dominasi UMKM, untuk itu Pemprov Jatim menggerakan pengrajin batik tumpuan perekonomian di Jatim.

Usai menyerahkan bantuan ventilator kepada RSUD di Bangkalan, Sampang dan Sumenep, Khofifah Indar Parawansa memberi perhatian ke sentra batik Pamekasan.

Sentra batik ini merupakan kumpulan dari pusatnya pengrajin di Jatim yang turun temurun dengan filosofi budaya yang kental.

“Saya sering kali menikmati cerita atau lukisan dari para pembatik sebelum saya membeli,” ujarnya.

BACA JUGA : Kunjungi Pusat Batik Tulungagung, Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual

Ke depan Khofifah mengajak seluruh masyarakat bangga memakai produk Indonesia, utamanya batik Jatim.

Khofifah dalam kunjungannya dibuat terkagum dengan desain batik bertema HUT RI Bangga Buatan Indonesia.

Dia juga mengajak seluruh pihak memaksimalkan sekaligus menyerap produk-produk UMKM Jatim. (ima)

Post Terkait

banner 468x60