Kejutan Muscab PKB Jember, Tokoh Pemakzulan Bupati Jember Dipilih DPP Jadi Ketua PKB Jember

  • Whatsapp
Kejutan Muscab PKB Jember
Muscab PKB berhenti sejenak usai diumumkan DPP memilih Itqon Syauqi.Foto: Sutrisno/nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JEMBER- Kejutan Muscab PKB Jember. Keputusan DPP PKB mengubah prediksi Muscab PKB Jember, Minggu (7/3/2021). Tanpa disangka-sangka, rupanya Itqon Syauqi yang ditunjuk menahkodai partai terbesar di Kabupaten Jember untuk lima tahun ke depan.

BACA JUGA: Suksesi Ketua PKB Jember Diikuti Perintis Sekolah Gratis dan Eks Ketua Ansor – Nusadaily.com

Baca Juga

BACA JUGA: DPRD Jember Berupaya Dongkel Anak Emas Bupati Lama, Duduki Posisi Dirut PDAM – Imperiumdaily.com

“Sudah disampaikan lewat pesan WA oleh Wakil Bendahara DPP PKB, Bambang Susanto bahwa Lora Itqon yang menjadi Ketua DPC PKB Jember,” ujar seorang pengurus PKB Jember yang sementara meminta namanya tidak disebut. Ia menyebut ada kejutan Muscab PKB Jember.

Menurut dia, penunjukan Itqon mengejutkan banyak pihak. Sebab, sebelumnya yang digadang-gadang justru dua tokoh lama, yakni mantan Ketua GP Ansor, HM Ayub Junaidi dan Ketua Komisi D yang juga perintis sekolah gratis Yayasan Islam Bustanul Ulum, Muhammad Hafidi.

Itqon merupakan pendatang baru di PKB dengan usia yang sangat muda, belum genap 40 tahun. Kiprahnya langsung moncer pasca Pileg 2019 lalu, ia dipilih menjadi Ketua DPRD Jember dan merupakan motor penggerak pemakzulan Bupati Jember, Faida pada Juli 2020 silam.

Pasca pengumuman nama Itqon, sejumlah pengurus teras PKB Jember tampak berkumpul dalam salah satu kamar di hotel Luminor, tempat berlangsungnya Muscab. Itwon juga diajak dalam pertemuan tertutup tersebut.

Mantan Ketua DPC PKB Jember, Syaiful Bahri Anshori hanya mengatakan, regenerasi partai kepada orang muda. “Muda bukan sekedar usia, tapi semangatnya,” tutur anggota DPR RI tersebut.

Sedangkan, Itqon, Hafidi, serta Ayub belum bersedia berkomentar mengenai keputusan induk partainya. Ketiga tokoh itu sama-sama memilih diam.

PKB merupakan partai terbesar di Kabupaten Jember dengan kepemilikan 8 kursi dalam DPRD. Jumlah memang sama sama dengan Partai NasDem, namun perolehan suara PKB lebih banyak.

Basis utama PKB berada di kantong-kantong massa anggota Nahdlatul Ulama yang tersebar di 31 kecamatan.(sut/cak)