Kapolres Pasuruan Kembalikan Bayi yang Digadaikan Ibunya

  • Whatsapp
bayi
Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan saat menyerahkan bayi kepada bapaknya (Foto: ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-PASURUAN – Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H. mengembalikan bayi berusia 2 bulan kepada bapaknya, Gunawan Wibisono, Selasa 21 Januari 2020. Gunawan adalah suami dari tersangka ES yang menggadaikan bayinya kepada rentenir.

Seorang ibu ES (29) warga Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan menjadi tersangka karena menjaminkan bayinya ke kreditur. Pemberi utang itu adalah MH.

Baca Juga

Polisi menjerat ES dengan pasal 2 ayat 1 UU RI Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H. dalam keterangan pers mengungkapkan, sebelumnya ES sempat berbohong.

Kepada polisi ES sempat bersandiwara dengan membuat laporan penculikan. ES mengaku menjadi korban hipnotis dan bayinya dibawa kabur.

“Saya pinjam uang ke dia (MH) untuk bayar utang. Saat waktunya bayar, saya bingung tidak punya uang. Saya harus bayar Rp 2 Juta karena ada bunga,” kata ES kepada awak media, Selasa 21 Januari 2020.

Kapolres menjelaskan, tersangka dikenakan Pasal 2 ayat 1 UU RI Nomor 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Untuk diketahui, ES membuat kisah palsu penculikan anaknya di media sosial. Kisah itu sempat viral di media sosial (medsos) sejak Rabu 15 Januari 2020. Bayi berusia 2 bulan itu bernama Karin Maulidya Nofatra.

Cerita tersebut menarik simpati publik dan langsung viral di media sosial. Namun akhirnya polisi mengungkap bahwa ES hanya mengarang cerita untuk menutupi perbuatannya sendiri. (uzi/yos)