Jember Dilanda Banjir, Air Genangi Jalanan di Lima Kecamatan

  • Whatsapp
Warga berupaya mencari tempat yang lebih aman menghindari banjir. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Ratusan rumah warga dan kawasan pesantren Al Azhar di Desa/ Kecamatan Bangsalsari diterjang banjir. Banjir berasal dari luapan air sungai setempat.

Berdasarkan data Pusdalops Jember, sebanyak 337 jiwa dari 88 kepala keluarga yang terdampak bencana banjir tersebut.

Baca Juga

Ratusan jiwa warga yang terdampak dalam kondisi selamat. Kendati demikian, hewan ternak dan perabotan rumah milik warga hanyut terseret arus banjir yang cukup deras.

Petugas BPBD dan relawan kebencanaan tampak berada di lokasi untuk membantu evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Perahu karet dan berbagai peralatan dikerahkan, sekaligus pemberian bantuan sembako dan makanan untuk warga terdampak.

Dari pantuan, air banjir meluber dan menggenangi sejumlah ruas jalan raya membuat pengendara kesulitan melintas. Kendaraan bermotor melambatkan lajunya, serta beberapa diantaranya mogok terendam air yang menggenang di jalanan.

Genangan air tidak hanya terjadi di jalanan Kecamatan Bangsalsari, namun juga di beberapa wilayah lain seperti Ambulu, Kencong, Balung, Gumukmas, dan Puger. Kedalaman air yang menggenangi jalan mencapai ketinggian antara 40 – 100 centimeter.

“Macet, karena banjir mulai dari Desa Mojosari, Kecamatan Puger sampai Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas. Mobil saya mogok ini,” ujar Ihwanudin, seorang pengendara yang mesin kendaraannya kemasukan air.

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Jember, Heru Widagdo menyampaikan pihaknya tengah mengerahkan petugas untuk memprioritaskan penyelamatan warga terdampak bencana.

“Saat ini kita masih lakukan asesmen di beberapa titik. Kita juga mencari informasi dari beberapa tempat lain nantinya kita buat laporan dampak dari kejadian banjir dan genangan ini,” ungkapnya.

Selama beberapa hari belakangan, Kabupaten Jember diguyur hujan. Dalam sehari, rata-rata hujan berlangsung selama lebih dari 3 jam dengan tingkat curah hujan sedang. (sut)

Post Terkait

banner 468x60