Jatim Krisis Plasma Konvalesen, RSLI Bantu Pendonor dari Alumninya

  • Whatsapp
plasma rsli
Donor Plasma Konvalesen oleh alumni RSLI. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Melonjaknya Covid-19 di Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya menyebabkan banyaknya penderita yang tertunda masuk rumah sakit, sehingga saat masuk sudah pada kondisi yang sedang dan berat dan memerlukan terapi plasma konvalesen sebagai alternatif penyembuhannya.

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) melalui relawan pendamping pada Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC) kembali mengadakan skrining donor plasma konvalesen, Minggu (04/07/2021). Hal tersebut menjadi genting karena semakin meningginya permintaan plasma konvaselen ke PMI Surabaya dengan jumlah permintaan 300 kantong setiap hari.

Baca Juga

BACA JUGA: Pasien Klaster Bangkalan Sembuh, Kini RSLI Dipenuhi Pasien Covid Surabaya

Penanggung jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI), Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp. BTKV mengatakan jika kegiatan ini merupakan sisi lain dari peran yang bisa dilakukan oleh RSLi dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Keberadaan relawan pendamping sangat membantu RSLI menjalankan fungsi-fungsi layanan bagi masyarakat, menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul dampak dari Covid-19.

“Kegiatan skrining dan dilanjutkan donor plasma konvalesen ini perlu dilanjutkan. Karena saat ini banyak sekali pasien Covid-19 pada kondisi sedangdan berat yang membutuhkan,” ujar dr Nalendra.

Tidak hanya itu, Sita Pramesthi, Ketua Panitia Kegiatan Skrining Donor Plasma Konvalesen PPKPC-RSLI menjelaskan bahwa potensi alumni RSLI dalam menyumbangkan plasma konvalesen ini sangat besar dan perlu terus diorganisir dan difasilitasi keberadaannya.

Melalui kegiatan ini mereka bisa sejenak menengok tempat mereka dulu dirawat, sekaligus reuni dengan teman-temannya dan sekaligus menjalankan aktifitas kemanusiaannya.

Yang juga menarik, acara skrining kali ini juga diikuti oleh Radian Jadid, Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19, yang menggenapi skrining donor plasma konvalesennya untuk kesepuluh kalinya.

BACA JUGA: Seluruh Pasien Covid Varian Delta India di RSLI Dinyatakan Sembuh

Radian Jadid juga menambahkan bahwa hampir tiap dua atau tiga minggu sekali  Jadid rajin mendonorkan plasma konvalesennya, termasuk dua kali saat bulan puasa kemarin.

“Alhamdulillah, setelah Desember tahun lalu saya terkena Covid-19 dan bisa sembuh, hari ini bisa menjalani skrining untuk donplas ke-10. Semoga bisa memberikan contoh, semangat dan inspirasi bagi teman-teman  penyintas. Doakan lolos ya, sehingga bisa terus menyumbangkan plasma konvalesen bagi yang membutuhkannya,” harap Jadid.(jar/lna)