Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Berangkatkan 30 Truk Bantuan ke NTT

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM- SURABAYA– Sedikitnya, 30 truk bahan pangan, peralatan, obat, masker, peralatan bayi, sebagai bantuan dari Provinsi Jawa Timur, diberangkatkan ke Nusat Tenggara Timur, Flores Timur, lokasi bencana tanah longsor dan banjir bandang.

Belasan korban meninggal, dan ratusan korban luka. Belum lagi kerusakan alam, dan fasilitas umum, fasilitas sosial, hingga hunian masyarakat di NTT. Melihat itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, tergugah untuk semangat kebersamaan.

Baca Juga

Sence of Crisis mencuat. Sehingga bantuan 30 truk ini disalurkan dan dikirim ke NTT. Kamis, (15/4/2021) kemarin armada itu diberangkatkan melalui jalur laut. Bantuan dilepas Khofifah, bersama Kapolda Irjen Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen Suharyanto, dan Pangko Armada II, Laksda ING Sudihartawan.

Bantuan mayoritas berisi untuk kebutuhan sehari – hari habis pakai antara lain popok bayi, beras, mi instan, air mineral, pakaian, makanan bayi, masker, obat-obatan, perlengkapan ibadah, dan hand sanitizer.

Bantuan yang diangkut KRI Tanjung Kambani-971 melalui Dermaga Madura Ujung, Makoarmada II Surabaya ini, kata Khofifah adalah bentuk kegotongroyongan dan keguyuban warga Jawa Timur akan nasib saudara di NTT yang terkena musibah siklon tropis.

“Sosial capital milik warga Jatim ini harus dijaga. Yakni kegotong-royongan, kerukunan, dan keguyuban warga Jatim secara spontan memberi bantuan ke saudara yang tertimpa bencana adalah membahagiakan,” ujarnya.

Aksi Sosial Akan Membentuk Solidaritas Tinggi

Selain itu, aksi sosial yang terawat ini akan membentuk solidaritas tinggi, memupuk persaudaraan, saling menolong jika ada saudara terkena bencana. Seperti di 8 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

“Semoga bencana diangkat Allah dan saudara kita diberi semangat, optimisme, dan kesabaran dalam menjalahi hidup ke depan,’’ ujarnya.

Selain mengirim bantuan bahan pangan, Pemprov Jatim juga telah mengirim 100 personel Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana). Bahkan Khofifah sangat mengapresiasi karena Pangko Armada II telah menyiapkan KRI untuk memberangkatkan seluruh bantuan ke NTT.

Sebelumnya, dengan Pangko Armada II Pemprov Jatim juga mengirim bantuan ke daerah bencana di Kalimantan Selatan, dan Mamuju, Sulawesi Barat.

“Kita berdoa semoga bantuan ini menjadi bagian dari penyelesaian sosial dan finansial saudara kita di sana. Semoga Allah melipatgandakan amal kita semua. Dan saudara kita di NTT terentas dari kesulitan ke depannya,” ujarnya.

Bantuan yang dikirim lewat jalur laut ini didukung Satuan Tugas Penganggulangan Bencana Gulben Spotmar Koarmada II, Posko Kemanusiaan NTT Lantamal V Surabaya, dan Pemerintah Kota Surabaya.(ima/aka)