Fasilitas Minim, DPRD Sumenep Minta Pemkab Segera Atasi Pesoalan Covid di Kepulauan

  • Whatsapp
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Moh Sukri. (Humas DPRD Sumenep for nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Fasilitas di Rumah Sakit (RS) Abuya Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur menjadi sorotan di tengah akselarasi penyebaran Covid-19 semakin meningkat, utamanya di Kepulauan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Moh Sukri menyebutkan penanganan covid-19 di Kepulauan Arjasa saat ini fasilitasnya sangat minim.

Bahkan, kata Politisi PPP tersebut, di RS Abuya sebagai rujukan masih belum siap fasilitasnya. “Jadi saya meminta pemkab Sumenep segera atasi persoalan covid-19 khususnya di Kepulauan,” katanya, Minggu 4 Juli 2021.

Tak hanya itu, lanjut Sukri, terdapat pasien yang meninggal terpapar covid tetapi pemakamannya tidak mengunakan sesuai protokol kesehatan (prokes).

“Ada yang pasien di Kepulaun Arjasa yang meninggal karena covid tetapi tidak di mandikan di Rumah sakit justru dimandikan dirumahnya pasien hal ini karena terkendala fasilitas,” imbuhnya.

Sukri mengeaskan, Pemkab harus benar-benar menyiapkan semua untuk antisipasi penularan Covid19.

Sebab, jika virus tersebut tidak dengan segera di atasi. maka, kata Sukri, kedepan takut terjadi lebih banyak memakan korban.

“Pemerintah bener-bener menyiapkan semua untuk antisipasi penularan covid-19,” terangnya.

Pihaknya mengakui, sudah menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep. Kendati demikian, instansi terkait mengaku saat ini masih dirapatkan.

“Saya sudah telpon kepala Dinas kesehatan katanya masih dirapatkan,” tambahnya.

Dirinya berharap, pemerintah segara menangani hal tersebut guna melengkapi fasilitas. Khususnya, di Rumah Sakit Abuya di Arjasa yang dijadikan rujukan covid-19. “Ini supaya tidak menular kemana-mana,” pungkasnya. (nam/aka)