Bioskop Kota Batu Kembali Berputar dengan Prokes Ketat

  • Whatsapp
boskop batu
Manajemen Cinepolis Cinema Lippo Plaza Batu menata tempat duduk pengunjung saat kembali beroperasi di masa pandemi. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Setelah sembilan bulan tak beroperasi, bioskop Cinepolis Cinema Lippo Plaza Kota Batu kembali memutar film layar lebar. Dibukanya kembali Cinepolis Cinema sebagai pelepas rindu bagi pecinta film.

Tentunya re-opening ini juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Itu dikarenakan serangan pandemi yang tak kunjung rampung. Penerapan protokol kesehatan yang diterapkan seperti mencuci tangan, pengecekan suhu badan, mengisi data diri, dan tentunya penataan kursi penonton juga diberi jarak.

Baca Juga

BACA JUGA: Kembali Dibuka, Bioskop di Kota Malang Masih Sepi Pengunjung

Ketentuan lainnya yang diterapkan yakni pengunjung tak diperkenankan membawa makanan dan minuman masuk ke dalam studio. Ini sesuai dengan aturan pemerintah yang diterapkan selama masa pandemi.

CEO Cinepolis Indonesia, Gerald Dibbayawan mengatakan untuk saat ini jumlah penonton juga dibatasi. Yakni sebesar 50 persen dari kapasitas maksimal bangku penonton yang disediakan. Yakni sebanyak 320 bangku dari kapasitas maksimalnya sebesar 640 bangku penonton. Terdiri dari empat studio.

“Untuk menunjukkan komitmen utama Cinepolis Cinemas dalam mematuhi protokol kesehatan. Kami telah menerapkan 71 protokol pelayanan. Yang bertujuan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Pihaknya memahami dan mendukung keputusan pemerintah. Namun, dirinya sangat yakin jika seiring berjalannya waktu. Pemerintah juga akan melonggarkan pembatasan pada bioskop.

“Bioskop di banyak negara sudah mulai buka sejak bulan Juni lalu. Dan bisa kita lihat bersama-sama. Hingga saat ini belum ada kasus Covid-19. Yang menyebar melalui bioskop,” katanya.

Sementara itu, Direktur Lippo Plaza Batu, Suwanto menjelaskan, di masa pandemi ini sudah ada beberapa bioskop yang telah buka di Kota-kota lain. Namun untuk Kota Batu momentumnya baru saat ini. Ini juga berkaitan dengan Pemerintah Daerah yang baru saja memberi izin untuk buka kembali.

“Sebelum diizinkan untuk dilakukan re-opening. Kami juga terlebih dahulu telah disurvey oleh dinas terkait untuk penerapan protokol kesehatan. Dan kami sudah siap untuk itu semua,” jelas dia.

BACA JUGA: Bioskop di Kota Mojokerto Sudah Buka, Pengunjung dan Jam Tayang Dibatasi

Selama 9 bulan tutup karena ada pandemi, kata Suwanto, yang jelas semuanya serba sulit. Termasuk dalan efisiensi karyawan juga dilakukan.

“Selama tutup itu juga ada bagian operasional yang melakukan pembersihan. Sehingga tak sampai mangkrak. Perawatan itu dilakukan setiap hari,” katanya.

Oleh sebab itu, ketika dilakukan re-opening pihak Cinepolis sudah sangat siap. Untuk jumlah pengunjung ketika kondisi normal Cinepolis Kota Batu bisa mencapai lebih dari 1000 penonton dalam sehari. Namun, saat kondisi pandemi saat ini pihak Cinepolis hanya menargetkan 200an pengunjung saja.

“Ini dikarenakan, kami mengetahui beberapa orang masih paranoid akibat pandemi ini. Meskipun secara keseluruhan kami telah menyampaikan jika ini aman. Karena menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” jelasnya.(lna)