Belanjakan Harta untuk Menolong Orang Lain Meningkatkan Kebahagiaan

  • Whatsapp
jamaah salat Idul Adha
Cek suhu tubuh calon jamaah salat Idul Adha di masjid Al Akbar diperiksa oleh petugas. Ini merupakan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. foto : istimewa.
banner 468x60

NUSADAILY.COM- SURABAYA- Dalam Khutbah Idul Adha Dr Ahmad Zayadi, MPd Kepala Kanwil Kemenag Jatim, mengutip hasil riset Elizabeth Dunn, pakar psikologi sosial dari University of British Colombia, Vancouver, di Kanada.

Semakin besar uang atau harta yang dibelanjakan untuk menolong sesama atau semakin besar harta yang dibelanjakan untuk menolong sesama terbukti menambah kebahagiaannya.

Baca Juga

Pernyataan itu bahkan telah dimuat dalam jurnal science (2008). Judulnya mengejutkan. “Spending money on others promotes happines” (Membelanjakan uang untuk orang lain meningkatkan kebahagiaan).

“Temuan ilmiah itu menunjukkan bahwa yang terpenting bukanlah jumlah uang yang kita miliki, tetapi bagaimana kita membelanjakannya,” ujar Khotib Idul Adha.

Orang yang menyedekahkan uang atau hartanya untuk membantu yang membutuhkan, ternyata lebih bahagia dibandingkan yang menghamburkan uang untuk kepuasan diri sendiri.

Yang sering terjadi sebaliknya. Mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya untuk kepentingan pribadi demi mengejar kebahagiaan semu.

Momentum Idul Adha, mengandung makna prinsip solidaritas dan soliditas publik jika benar landasan membangun negeri dapat memperkuat bangsa.

BACA JUGA: Udara Dingin Sambut Jamaah yang Salat Idul Adha di Masjid Agung Jamik Kota Malang

“Saat kita bahu-membahu, bergotong royong menanggulangi Corona, maka problem negara ini akan selssai. Dengan pengorbanan dan solidaritas kemanusiaan, semua masalah akan teratasi,” tegasnya lagi.

Rakyat dan para pemimpin merasa “berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing”. Langkah ini juga akan mengikis sikap mementingkan diri sendiri dan mencintai harta (hubbub al-dunya) secara berlebihan.

Di akhir khutbah Zayadi mengatakan ibadah kurban mempunyai dua nilai: kesalehan spiritual dan kesalehan sosial.

Kesalehan spiritual adalah penyerahan diri kepada Allah, mengekang egoisme, sesuai teladan Nabi Ibrahim As.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Halaman Wisma Bayurini

“Kesalehan sosial tercermin dari semangat rela berkorban, seperti dalam diri Ismail As Sikap ini penting untuk diteladani, terumata bagi generasi muda Indonesia,” pungkasnya.

Ketat Protokol Kesehatan

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya telah menggelar salat Idul Adha 1441 H di tengah wabah Covid-19.

Salat Idul Adha 1441 H menerapkan protokol kesehatan yakni physical distancing atau pembatasan jumlah jamaah dengan sistem pendaftaran online.

Bahkan semua jamaah wajib menggunakan ID Card yang telah disediakan.

“Kapasitas Masjid Al Akbar sebenarnya 40 ribu jamaah. Dengan protokol kesehatan atau physical distancing, kita batasi lima ribu jamaah, diatur dengan stiker tanda shaf,” kata H Helmy M Noor, Humas MAS, Jumat (31/7/2020) usai salat Idul Adha.

Lima ribu jamaah kali ini sudah mencapai serambi masjid bagian utara, timur dekat air mancur dan selatan hingga lantai dua.

Suasana tertib terlihat. Ada empat warna ID card yang dipakai semua jamaah, seperti warna hijau untuk jamaah laki-laki, dan warna kuning untuk jamaah perempuan di lantai satu.

Di lantai dua, warna merah untuk jamaah laki-laki dan jamaah perempuan warna biru.

“Untuk melayani jamaah kita siapkan 200 relawan dari remaja masjid, ibu muslimah, pengatur shaf, guru MI , PAUD, dosen dan mahasiswa STAI Al Akbar,” ujarnya.

Semua relawan kata Helmi, bertugas mengatur, menyambut dan mengarahkan kedatangan para jamaah sesuai dengan warna ID Cardnya.

Yang patut disyukuri, meski masa pandemi Covid-19 perolehan hewan kurban masih relatif banyak.

Total perolehan hewan kurban 92 terdiri dari 26 sapi dan 66 kambing.

“Angka ini tidak jauh beda dari tahun sebelumnya,” ungkap Helmy.

Salat Idul Adha diikuti oleh Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur H Emil Elistianto Dardak dan 5.000 jamaah yang mengenakan ID Card. (ima)

Post Terkait

banner 468x60