Anggota DPR RI Charles Salurkan 5 Ton Pupuk ke Petani yang Belum Kebagian

  • Whatsapp
pupuk charles
Penyaluran bantuan pupuk Phonska plus kepada petani di Kabupaten Jember. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Menurunnya kuota pupuk subsidi secara nasional berakibat sebagian petani terpaksa tidak mendapat bagian. Berbagai daerah mengalami kondisi tersebut, termasuk di Kabupaten Jember.

Charles Meikyansah, anggota DPR RI dari Partai NasDem mengetahui realitas demikian setelah ia turun untuk mengetahui dan mendengar langsung dari para petani. Dia mengakui terbatasnya kuota yang tersedia berdampak pada langkanya pupuk bersubsidi.

Baca Juga

Aspirasi petani kemudian oleh legislator yang terpilih dari Dapil Jember – Lumajang tersebut diutarakan kepada Pemerintah Pusat. Alhasil, PT Pupuk Indonesia melalui PT. Pupuk Petrokimia Gresik memberi bantuan berupa pupuk jenis Phonska sebanyak 5 ton.

BACA JUGA: Charles Meikyansah Jadi Ketua DPD NasDem Lumajang, Agar Suara Bertambah

Selama beberapa hari belakangan, Charles menyalurkan pupuk bantuan itu kepada kelompok tani yang tersebar di 5 kecamatan, yaitu Sumberbaru, Arjasa, Kalisat, Mumbulsari dan Tempurejo. Pendistribusian dilakukan Charles bersama GM Pupuk Indonesia, Supriyoto sebagai Perwakilan dari Petrokimia Gresik; dan utusan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

“Bantuan kepada petani ini kami tunaikan atas dasar aspirasi yang kita temui di lapangan. Ketika reses, kunjungan Dapil, saya mendapati bahwa petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Sementara itu, pupuk non-subsidi sangat tidak terjangkau harganya oleh petani,” terang Charles, Sabtu, 21 November 2020.

Ia berkata, petani merupakan garda terdepan untuk ketahanan pangan. Oleh karenanya, program pemerintah harus memprioritaskan sektor pertanian. Kedepan diupayakan agar petani terus memperoleh hak atas pupuk, support alat produksi, dan pendidikan untuk kemajuan pertanian dalam jangka panjang.

“Semoga petani Indonesia khususnya di Kabupaten Jember semakin sejahtera. Di masa mendatang saya berharap agar petani terus mendapatkan perhatian, edukasi, dan bantuan, baik alat mesin pertanian, pelatihan pembuatan pupuk organik dan lain sebagainya agar bisa mengoptimalkan hasil pertaniannya,” tegasnya.

BACA JUGA: Alasan Petani Kerap Sulit Dapat Pupuk, HKTI Ingin Situbondo Berubah Pimpinan

Ketua HKTI Jember, menyampaikan terima kasih karena diantara petani yang belum sepenuhnya memperoleh pupuk bersubsidi telah dibantu.

“Bantuan ini sangat dibutuhkan oleh petani, sangat meringankan biaya produksi pertanian. Semoga pemerintah dan DPR RI tetap terus memberi perhatian kepada petani,” ucapnya. (sut)

Post Terkait

banner 468x60