Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaNewsJatimMenuju Idul Adha, Vaksinasi PMK Di Mojokerto Digenjot

Menuju Idul Adha, Vaksinasi PMK Di Mojokerto Digenjot

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Menjelang perayaan hari besar Idul Adha, Pemerintah Kota Mojokerto telah menuntaskan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap pertama.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Penyuntikan vaksin yang menyasar sapi ternakan warga ini dilakukan serentak di tiga kecamatan. Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto mengatakan, telah dilakukan mendapatkan 100 dosis vaksin dari Pemprov Jatim dan langsung dituntaskan pada Rabu, 29 Juni 2022 di Kecamatan Kranggan, Kecamatan Magersari dan Kecamatan Prajurit Kulon.

“Semuanya kami targetkan selesai. Kecuali kalau ada sapi yang sakit karena tidak boleh divaksin, ” ujarnya saat dikonfirmasi daring, Jumat (01/06/2022).

Adapun sasaran utama vaksinasi ini, lanjut Agus menyasar sapi ternak milik warga. Sedangkan, hewan kurban yang diperjualbelikan tidak masuk sasaran dalam vaksinasi.

Penyuntikan juga akan dijadwalkan ulang sampai sapi benar-benar sembuh. Ini bertujuan untuk memberi pencegahan agar hewan ternak tidak tertular PMK.

“Hanya hewan ternak milik warga saja. Karena pemberian vaksin dari provinsi sesuai dengan jumlah populasi, ” imbuhnya.

Terkait dengan sapi yang akan dijadikan hewan kurban, pihaknya menyatakan akan memperketat pemantauan di sejumlah titik. Pemantauan ini menggandeng kerja sama TNI-Polri dengan ketentuan hewan ternak yang mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah non wabah PMK.

Meski begitu, jika kondisi hewan mengalami gejala klinis PMK, warga bisa melaporkan ke DKPP untuk dilakukan pemantauan lanjutan.

“Meski sudah ada SKKH nya dari daerah asal, tapi kami akan lakukan tes kesehatan ulang jika ada yang menunjukkan gejala sakit, ” ia memungkasi.(din/aka)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Seorang Pria di Tasikmalaya Meninggal Saat Menyanyi di Atas Panggung HUT RI

NUSADAILY.COM - TASIKMALAYA - Duka di sela perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia kembali terjadi. Kali ini insiden terjadi di Kampung Cintamanah, Kelurahan Singkup, Kecamatan...