Kamis, Mei 26, 2022
BerandaJatimGiliran Banjir Terjang Pusat Wilayah Jember, Termasuk Rumah Bupati yang Mepet Sungai

Giliran Banjir Terjang Pusat Wilayah Jember, Termasuk Rumah Bupati yang Mepet Sungai

NUSADAILY.COM – JEMBER – Lagi-lagi bencana banjir melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur. Usai beberapa waktu lalu banjir di wilayah bagian barat, berikutnya giliran kawasan pemukiman sekitar pusat pemerintahan yang digenangi air.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Puluhan rumah warga di Kecamatan Kaliwates terdampak banjir yang menerjang pada Senin, 17 Januari 2022. Bahkan, juga termasuk kediaman Bupati Jember Hendy Siswanto yang berada di Jalan Sultan Agung, Lingkungan Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul.

Banjir tersebut akibat dari luapan sungai Kali Jompo. Adapun ketinggian air di rumah Hendy sekitar 1 meter. Sehingga, air juga membanjiri puluhan tempat tinggal warga yang menjadi tetangga Hendy.

Posisi rumah Hendy memang berada persis di tepi sungai Kali Jompo. Begitu pula dengan warga sekitar disana yang banyak mendirikan bangunan untuk pemukiman di sepanjang bantaran sungai.

“Airnya setinggi dada saya. Sekitar 30 unit rumah dibelakang rumah saya yang sampai tenggelam,” ujar Hendy.

Menurutnya, banjir sekarang ini lebih parah dibandingkan yang terjadi setahun lalu. Akhir Pebruari 2021 silam memang perkampungan tempat tinggal Hendy kebanjiran, yakni persis saat ia bepergian ke Surabaya untuk dilantik sebagai Bupati Jember oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Dan ini memang banjir tahunan. Rumah saya mesti selalu terdampak,” tutur Hendy sembari mengenang tiap kali rumahnya kebanjiran.

Banjir Melanda Enam Lokasi

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari sementara ini mencatat, banjir melanda di 6 lokasi sebagai akibat dari luapan sejumlah sungai.

“Titik banjir, yakni di aliran sungai seperti kawasan Kelurahan Jumerto yang tadi juga naik 2 meteran. Kemudian, sekitar kawasan Jalan Bromo air naik keruh, serta di kawasan Jembatan Semanggi, dan Kelurahan Mangli yang menjadi pantauan TRC BPBD masih aman meskipun sempat banjir sebentar,” urainya.

Sigit mengaku jumlah warga terdampak banjir sedang dilakukan pendataan oleh petugas. Termasuk upaya mengetahui secara pasti tentang informasi bahwa ada sejumlah warga di wilayah hulu sungai Kali Jompo yang terisolir.

“Masih pendataan, karena juga ada informasi jembatan putus tergerus air. Masih kami telusuri juga soal informasi warga yang terisolir karena jembatan putus itu. Masih kami data,” sergahnya.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan pihaknya tengah mengerahkan sebagian relawan secara khusus membantu pembersihan lumpur dan material lain di rumah- rumah warga terdampak banjir yang airnya mulai surut.

Disamping itu, BPBD menyiapkan bantuan makanan untuk semua warga di lokasi terdampak banjir. Bagi yang membutuhkan bantuan bentuk lain yang bersifat darurat dipersilakan memberitahu BPBD melalui petugas maupun relawan. (sut/aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

BMKG Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Jakarta Cerah Berawan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Prakiraan cuaca hari ini Jakarta sudah diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Selain Jakarta, kamu juga bisa mengecek...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily