Jangan Sembarangan! Ini Jenis Makanan Manusia yang Bisa Dimakan Kucing

Hal yang harus diketahui adalah tidak semua makanan yang menurut Anda sehat saat dimakan manusia, baik juga untuk kucing. Ingatlah bahwa sistem pencernaan manusia berbeda dengan kucing. Terlebih lagi, kucing sejatinya adalah hewan karnivora, yakni hewan pemakan daging.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Godaan untuk memberi kucing peliharaan satu potong kue atau susu segar yang sedang Anda minum memang cukup besar. Apalagi jika si anak bulu (anabul) terus mengeong tidak sabar saat melihat Anda mengunyah.

Tapi, tak semua makanan yang Anda makan bisa diberikan pada anabul. Lantas, apa saja makanan manusia yang boleh dimakan kucing?

Hal yang harus diketahui adalah tidak semua makanan yang menurut Anda sehat saat dimakan manusia, baik juga untuk kucing. Ingatlah bahwa sistem pencernaan manusia berbeda dengan kucing. Terlebih lagi, kucing sejatinya adalah hewan karnivora, yakni hewan pemakan daging.

BACA JUGA : Ilmuan Membiakkan Kucing Hypoallergenic untuk Penderita Alergi Kucing

Terkadang, kucing akan mengeong saat Anda asyik menghabiskan es krim atau sebungkus nasi padang. Namun, nasi sebenarnya bukan makanan yang layak untuk kucing.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda tahu makanan apa saja yang bisa dikonsumsi juga oleh kucing.

1. Daging

Makanan manusia yang boleh dimakan kucing yang pertama adalah daging. Baik itu daging sapi, ayam, hingga kambing aman dikonsumsi kucing dalam jumlah banyak.

Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat menyajikan daging untuk si anabul. Daging dimasak terlebih dahulu dan jangan memberikannya dalam kondisi mentah.

Selain itu, buang juga semua kulit dan tulang sebelum diberikan pada kucing.

BACA JUGA : Apakah Hiu Tidur? Begini Kata Ilmuwan

2. Ikan

Ikan jadi salah satu makanan favorit kucing. Ikan juga baik untuk kucing karena mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Ikan juga bermanfaat untuk kucing dengan radang sendi dan penyakit ginjal.

Seperti halnya daging, pastikan ikan dimasak dengan benar dan semua tulangnya dibuang. Jangan pernah memberikan ikan mentah pada kucing.

3. Bayam

Siapa sangka jika bayam ternyata baik untuk kucing? Mengutip berbagai sumber, bayam mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, K, zat besi, dan kalsium.

Namun, jika kucing memiliki riwayat batu kandung kemih kalsium oksalat, maka pemberian bayam harus dihindari.

BACA JUGA : Hati-hati! Ahli Sebut Cakaran Kucing Bisa Sebabkan Penyakit Langka

4. Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin B yang baik dan aman untuk jadi santapan kucing. Untuk mengurangi risiko penyakit bawaan makanan, pastikan untuk memasak telur apa pun yang Anda berikan kepada kucing.

5. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung banyak kalium dan serat larut. Pisang menjadi makanan manusia yang bisa dimakan kucing.

Meski sehat, namun Anda tetap perlu membatasi pemberian pisang pada kucing.(lal)