Jalur KA Malang Jakarta Terganggu Usai Mulut Terowongan Karangkates Longsor

Luqman menyebutkan tanah longsor terjadi pukul 09.08 WIB kemarin. Ada 3 titik jalur KA tertutup material yakni KM 84+8/9, KM 82+6/7, dan KM 81+3 petak jalan Sumberpucung-Pohgajih.

NUSADAILY.COM – MALANG - Tanah longsor terjadi tepat di mulut terowongan Karangkates, Malang, Jawa timur (Jatim). Material longsor menutup jalur rel kereta api (KA).

Rabu (19/10/2022), kejadian ini berdampak pada perjalanan 3 kereta api. Ketiga KA tersebut yakni KA Matarmaja relasi Malang-Pasarsenen, KA Gajayana relasi Malang-Gambir, dan KA Brawijaya relasi Malang-Gambir.

BACA JUGA : Tanah Longsor di Kabupaten Malang Ganggu Perjalanan Kereta Api

Ketiga KA itu harus memutar sehingga waktu tempuh menjadi lebih lama akibat jalur perlintasan tertimbun tanah longsor. Rute perjalanan kereta api yang berangkat dari Malang itu pun berubah, di mana kereta api harus melalui rute lain yakni dari Malang-Sidoarjo-Mojokerto-Kertosono.

"Sejatinya, dalam kondisi normal rute yang dilalui Stasiun Malang-Malang Kotalama-Kepanjen-Wlingi-Blitar. Namun dengan kondisi demikian, maka ketiga KA itu berjalan memutar," katanya Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Selasa (18/10).

BACA JUGA : Pemkab Malang Catat Ada Lima Kecamatan yang Diterjang Banjir Bandang Hingga Tanah Longsor

Luqman menyebutkan tanah longsor terjadi pukul 09.08 WIB kemarin. Ada 3 titik jalur KA tertutup material yakni KM 84+8/9, KM 82+6/7, dan KM 81+3 petak jalan Sumberpucung-Pohgajih. Daerah itu sebelumnya diguyur hujan lebat.

Namun pada petang kemarin, jalur kereta area Terowongan Karangkates dinyatakan sudah bisa dilalui kereta api setelah sempat tertutup material tanah longsor. Untuk sementara kereta yang melintasi jalur kecepatannya dibatasi maksimal 5 km/jam.(ros)