Iran Kembangkan Rudal Balistik Hipersonik Pertamanya, Klaim Tiada Tanding!

Pada 10 November, menurut laporan yang dikeluarkan oleh Bloomberg, Iran mengatakan telah membangun rudal balistik hipersonik pertamanya, dan Amerika Serikat khawatir tentang penjualan senjata Iran ke Rusia.

Iran Kembangkan Rudal Balistik Hipersonik Pertamanya, Klaim Tiada Tanding!
ilustrasi rudal balistik (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-TEHERAN- Pada 10 November, menurut laporan yang dikeluarkan oleh Bloomberg,  Iran mengatakan telah membangun rudal balistik hipersonik pertamanya, dan Amerika Serikat khawatir tentang penjualan senjata Iran ke Rusia.

BACA JUGA: Peningkatan Produksi, Tahun Ini Pabrik Tesla di Shanghai...

Melansir new.qq.com, senjata hipersonik dilaporkan bergerak lima kali kecepatan suara. Rudal baru akan menembus semua sistem pertahanan rudal, dan tidak akan ada yang mampu melawannya selama beberapa dekade, Kantor Berita Republik Islam Iran mengutip komandan Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, Amirali Hajizad.

Sebelumnya, Amerika Serikat mengatakan pada 1 November waktu setempat, bahwa pihaknya khawatir Iran akan menjual senjata ke Rusia untuk digunakan dalam konflik Rusia-Ukraina.

BACA JUGA: Tony Sutrisno Sebut Diperas Oknum PMJ Rp 4,5 M dalam Kasus McLaren

Namun, menurut kantor berita Iran Fars, diplomat Iran menegaskan kembali pada 9 November bahwa Teheran tidak menyediakan senjata yang dibutuhkan Moskow untuk perang di Ukraina. Para pejabat Iran juga menekankan bahwa sektor pertahanan negara itu telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir dan tidak akan ragu untuk meningkatkan kemampuan militernya, termasuk kemampuan rudal dan drone, di masa depan, murni untuk pertahanan. (mdr2/lna)