Intip Harta Kekayaan PM Baru Inggris Rishi Sunak yang Disebut Capai Puluhan Triliun!

Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak akan menjadi perdana menteri menggantikan Liz Truss yang belum lama mundur.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak akan menjadi perdana menteri menggantikan Liz Truss yang belum lama mundur. Rishi Sunak otomatis menjadi pria Inggris keturunan Asia pertama yang memimpin negara tersebut.

Rishi Sunak juga menjadi perdana menteri termuda pertama dalam tempo lebih dari 200 tahun. Meski demikian, perlu diketahui bahwa ternyata Rishi Sunak bukanlah sosok sembarangan.

BACA JUGA: Eropa Bergolak, Warga 7 Negara Demo Gegara Harga Naik


Sebab ternyata Sunak sendiri merupakan salah satu crazy rich Inggris yang memiliki harta kekayaan lebih banyak dari pada anggota keluarga kerajaan Inggris itu sendiri.

Melansir dari Washington Post, bahkan saking banyaknya harta yang Rishi Sunak miliki sampai-sampai membuat banyak orang bertanya-tanya apakah kekayaannya yang besar membuatnya terlalu kaya untuk menjadi perdana menteri.

Namun biar bagaimanapun para pendukungnya mengatakan justru latar belakangnya sebagai kanselir dan tahun-tahun yang dihabiskannya untuk menghasilkan uang membuatnya memenuhi syarat untuk memimpin Inggris yang saat ini tengah dilanda krisis.

Diketahui bahwa Rishi Sunak dan istrinya Akshata Murty diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$ 830 juta atau setara dengan Rp 12,11 triliun.

Padahal menurut daftar keuangan yang diterbitkan sebelum kematiannya, Ratu Elizabeth II diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$ 420 juta atau sekitar Rp 6,13 triliun.

Jadi bila dibandingkan, nampak bahwa harta kekayaan Sunak hampir dua kali lebih banyak dari harta yang diwariskan oleh Ratu Elizabeth II kepada keluarga kerajaan.

BACA JUGA: Pelari Inggris Uja Diskors 22 Bulan Karena Langgar Aturan Anti-Doping di Olimpiade Tokyo


Adapun diketahui bahwa harta kekayaan dari pasangan itu terutama berasal dari saham Murty di perusahaan ayahnya, Infosys. Selain itu mereka juga memiliki inkubator start-up Catamaran Ventures UK dan memiliki saham di sekitar setengah lusin perusahaan lain.

Rishi Sunak dan istrinya juga diketahui memiliki setidaknya tiga rumah di Inggris dan properti di Santa Monica-California yang bernilai sekitar US$ 6 juta atau setara dengan Rp 87,6 miliar.(eky)