Senin, September 26, 2022
BerandaInternationalTeleskop James Webb NASA Akan Mulai Jelajahi Luar Angkasa

Teleskop James Webb NASA Akan Mulai Jelajahi Luar Angkasa

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Teleskop Luar Angkasa James Webb membawa penelitian planet ekstrasurya ke tingkat yang baru, dan itu akan membantu kita mengkarakterisasi atmosfer dunia asing seukuran Bumi untuk pertama kalinya. Menggunakan spektroskopi canggih, Webb akan mempelajari atmosfer planet untuk menemukan blok bangunan kehidupan di tempat lain di alam semesta.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: AS Mulai Bangun Stasiun Luar Angkasa Permanen di Sekitar Bulan

Dalam seri video “Menjelajahi Dunia Alien dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA”, Dr. Giada Arney, seorang ilmuwan ruang angkasa penelitian di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, menjelaskan kemampuan ilmiah Webb yang terkait dengan bidang astrobiologi dan Dr. Giada Arney prihatin dengan penemuan kehidupan di alam semesta.

Dilansir dari huanqiu.com, saat ini akan membahas tentang eksplorasi Webb tentang sistem TRAPPIST-1 (sistem planet dari tujuh planet ekstrasurya berbatu), pencarian biosignatures atmosfer (bukti ilmiah kehidupan masa lalu atau sekarang), dan Teknik Webb yang akan digunakan untuk menjelajahi luar angkasa “#UnfoldTheUniverse”.

BACA JUGA: Pesawat Luar Angkasa NASA Rekam Letusan Besar Matahari

Pembahasan utamanya adalah Dr. Jada-Ani, misi serupa dalam sejarah NASA, seperti Kepler, TESS telah merevolusi pemahaman dan pengetahuan tentang statistik planet ekstrasurya, yang telah membawa kita untuk memahami beberapa sifat dasar planet, Tetapi juga sangat penting, seperti ukuran planet, seberapa jauh planet-planet ini dari bintangnya, seberapa umum berbagai jenis planet, dll.

BACA JUGA: Pesawat Luar Angkasa NASA Rekam Letusan Besar Matahari Redaksi

Namun, untuk saat ini ingin mengambil langkah berikutnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet-planet ini, sama seperti penelitian yang lainnya menjelajahi keluarga tata surya yang ada di alam semesta. James Webb akan membantu mengambil langkah ini dengan benar-benar menggambarkan atmosfer planet ekstrasurya, dan ia akan dapat mengukur komposisi atmosfer tersebut.

BACA JUGA: Korsel Siap Luncurkan Roket Luar Angkasa Pertama Buatan Dalam Negeri

Tim peneliti telah dapat melakukan sedikit penelitian pendahuluan pada planet ekstrasurya berbulu terbesar seukuran Jupiter dengan atmosfer besar, tetapi belum dengan asteroid seukuran Bumi dengan atmosfer tipis.

Jadi penelitian ini benar-benar membutuhkan misi yang kuat dan mampu seperti James Webb untuk dapat melakukan pengukuran yang sangat sensitif yang memberi tahu kita seperti apa exoplanet seukuran Bumi sebenarnya.(nd4/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

4 ABG Perkosa Gadis 13 Tahun di Hutan Kota Jakut, KemenPPPA: Pelaku Sering Akses Situs Dewasa

NUSADAILY.COM - JAKARTA - 4 ABG melakukan aksi bejat dengan memperkosa gadis berusia 13 tahun di Hutan Kota Jakarta Utara (Jakut). Keempat pelaku diketahui...