Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaInternationalPemerintah Queensland Berikan Subsidi Bagi Warganya yang Membeli Mobil Listrik

Pemerintah Queensland Berikan Subsidi Bagi Warganya yang Membeli Mobil Listrik

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Warga Queensland, Australia, ditawari subsidi $3.000 (sekitar Rp.42 juta) dari pemerintah negara bagian untuk membeli mobil listrik. Dengan harga bensin tanpa timbal mencapai $2,20 (Rp. 31 ribu) per liter, diharapkan uang tunai akan memotivasi beberapa warga Queensland untuk beralih ke mobil listrik dalam upaya membantu negara bagian mencapai tujuan perubahan iklimnya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Perdana Menteri, Annastacia Palaszczuk, telah mengumumkan Strategi Kendaraan Nol Emisi Queensland 2022-2032, yang katanya akan membantu mendorong komitmen negara bagian untuk emisi nol-bersih pada tahun 2050.

BACA JUGA: Penggunaan Mobil BBM di IKN Dilarang, Mobil Presiden Diganti Jadi Mobil Listrik?

Pemerintah mengumumkan, akan menghabiskan $45 juta untuk subsidi pembelian mobil di muka tiga tahun ke depan. Sementara, $10 juta lainnya akan dihabiskan untuk membangun lebih banyak stasiun pengisian daya. Tempat-tempat seperti Barcaldine dan Longreach akan segera hadir.

BACA JUGA: Presiden Dorong Pembangunan Ekosistem Mobil Listrik

Subsidi akan tersedia untuk mobil listrik baru, yang harganya mencapai $58.000. Menteri Transportasi, Mark Bailey, mengatakan bahwa ini lebih rendah daripada negara bagian lain, misalnya batas harga mobil listrik di NSW adalah $68.000. Pemerintah Queensland tidak ingin mensubsidi orang kaya yang dapat dengan mudah membeli kendaraan.

BACA JUGA: 7-Eleven Siapkan 500 Port Pengisian Daya Mobil Listrik pada Akhir 2022

Setiap kendaraan listrik dalam batas yang dibeli mulai hari ini akan memenuhi syarat untuk subsidi, namun anda hanya dapat mengajukan permohonan mulai 1 Juli. Ini akan tersedia selama tiga tahun.

Melansir dari ABCNews, dibandingkan dengan biaya untuk mengisi bahan bakar kendaraan bensin diesel, lebih murah untuk mengisi ulang kendaraan listrik. Rata – rata pengendara Queensland berkendara 13.400 kilometer per tahun dan menghabiskan sekitar $1.400 untuk bensin per tahun, berdasarkan angka dari April tahun lalu (ketika bensin lebih murah).

BACA JUGA: Amerika Serikat Berencana Bangun Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik

Kendaraan listrik yang menempuh jarak yang sama akan menelan biaya sekitar $502 dalam biaya listrik. Pengisian daya bisa gratis jika pengisian daya di rumah melalui panel surya (tergantung pada cuaca dan kapasitas tata surya).

Mobil listrik juga menarik biaya bea masuk kendaraan terendah di negara bagian. Namun, biaya lebih mahal dimuka untuk membeli mobil listrik daripada kendaraan konvensional. Menurut Dewan Kendaraan Listrik Australia, biaya operasionalnya sekitar 70 persen lebih murah per kilometer.

Paket baterai menyumbang sekitar seperempat dari total biaya kendaraan EV dan dengan harga baterai yang diperkirakan akan turun, ini kemungkinan sesuai dengan harga pembelian EV yang lebih rendah di masa depan.(nd3/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Dampak Krisis Energi Juga Berimbas Pada Olahraga

NUSADAILY.COM – WINA – krisis energi dan kenaikan harga listrik yang signifikan awal September di Wina dan Austria Hilir, kenaikan besar-besaran harga di...