Senin, Oktober 25, 2021
BerandaInternationalPalestina Desak WHO agar Israel Izinkan Vaksin COVID-19 Masuk ke Gaza

Palestina Desak WHO agar Israel Izinkan Vaksin COVID-19 Masuk ke Gaza

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Palestina pada Selasa (16/2) menyerukan intervensi internasional darurat untuk menekan Israel agar mengizinkan pengiriman vaksin coronavirus ke Jalur Gaza yang terkepung.

Juru bicara pemerintah Palestina, Ibrahim Milhem, mengatakan dalam konferensi pers di Kota Ramallah, Tepi Barat, bahwa langkah Israel untuk mencegah masuknya vaksin coronavirus ke Gaza “melanggar hukum internasional dan kemanusiaan.”

BACA JUGA: Otoritas Palestina Tuduh Israel Hentikan Pengiriman Vaksin COVID-19 ke Gaza – Nusadaily.com

Dia meminta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) “untuk mengutuk tindakan Israel tersebut dan segera memberikan tekanan terhadap Israel agar mengizinkan pengiriman vaksin ke Jalur Gaza.”

Pada Senin (15/2), Menteri Kesehatan Palestina Mai al-Kaila menuduh Israel melarang pengiriman gelombang pertama 2.000 dosis vaksin Sputnik dari Rusia ke Jalur Gaza.

BACA JUGA: Pekerja Palestina Ditembak Oleh Tentara Israel di Dekat Jenin – Imperiumdaily.com

“Dosis (vaksin) itu dimaksudkan untuk staf medis yang bekerja di unit perawatan intensif yang merawat pasien COVID-19 dan staf yang bekerja di departemen kesehatan darurat,” papar al-Kaila dilansir dari xinhua.

Israel Membantah

Sementara Associated Press hari Selasa (16/02/2021) melaporkan, Israel membantah sudah mengeluarkan pelarangan, hanya saya saat ini otoritas pendudukan Israel masih mempertimbangkan apakah akan memperbolehkan 1.000 dosis vaksin itu masuk ke Gaza yang saat ini masih mereka kepung.

Seorang pejabat Israel mengungkapkan, Israel telah menerima permintaan untuk mengizinkan 1.000 dosis Sputnik V dikirim ke Gaza, namun saat ini masih dalam diskusi otoritas Israel.

“Itu tidak diblokir. Mereka masih mempertimbangkannya,” kata pejabat itu, yang tidak ingin disebutkan namanya.  

BACA JUGA: Palestina Masuk Yurisdiksi ICC, Sebagian Warga Israel Kecewa – Beritaloka.com

Dalam diskusi hari Senin di komite urusan luar negeri dan pertahanan Israel, Ketuanya, Zvi Hauser meminta perwakilan dari Dewan Keamanan Nasional kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menjelaskan kebijakan lalu lintas vaksin Covid-19.

Israel sendiri saat ini unggul di antara negara-negara di seluruh dunia dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Para pejabat Israel mengatakan bahwa, di bawah perjanjian perdamaian Oslo, Kementerian Kesehatan Palestina bertanggung jawab untuk menjalankan vaksinasi bagi masyarakat di Gaza dan sebagian Tepi Barat. Di dua wilayah itu, Otoritas Palestina memiliki pemerintahan sendiri yang terbatas.

Setelah menerima pengiriman sejumlah kecil vaksin Moderna Inc dari Israel, Otoritas Palestina pada 2 Februari mulai menyuntikkan vaksin pada para petugas kesehatan di Tepi Barat.(mic)

 

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu