Menteri Luar Negeri Korea Selatan dan China Bertemu, Bahas Korea Utara

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri Korea Selatan
Menteri Luar Negeri China Wang Yi (ka) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, China, Rabu (22/11/2017).
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Menteri Luar Negeri Korea Selatan dan China pada Kamis (26/11/2020) berjanji untuk bekerja sama. Yakni memajukan hubungan bilateral dan menangani masalah regional dan global. Termasuk pembicaraan nuklir Korea Utara yang mandek dan pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Tidak Menunjukkan Efek Negatif Saat Uji Klinis, Sinopharm Ajukan Izin Pasarkan Vaksin

Baca Juga

BACA JUGA: Bahasa Indonesia Potensi Menjadi Bahasa Internasional – Imperiumdaily.com

Menteri Luar Negeri Korea Selatan dan China bertemu. Menlu Korsel Kang Kyung-wha melakukan pembicaraan bilateral dengan mitranya Menlu China Wang Yi. Yi tiba di Seoul pada Rabu malam, setelah menghabiskan dua hari di Tokyo.

Dalam pertemuan itu, Wang Yi membahas dengan Kang Kyung-wha tentang rencana kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Seoul.

Wang mengatakan kunjungannya ke Seoul untuk menyoroti pentingnya hubungan bilateral Korsel-China. Karena kedua negara bekerja sama sebagai “mitra strategis”. Dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional serta mempromosikan pemerintahan global.

“Krisis COVID-19 tidak dapat mengalahkan warga kedua negara kami,” kata Wang kepada Kang melalui seorang penerjemah pada awal pertemuan.

China-Korsel Hadapi Tantangan COVID-19 Bersama

“Hubungan bilateral (China-Korsel) telah berupaya mengatasi tantangan COVID-19 dan menunjukkan kekuatannya dan kekuatan hubungan yang lebih besar,” ujar Wang.

Kang berterima kasih kepada Wang atas kunjungannya ke Seoul dan mengungkapkan harapan. Untuk selanjutnya dapat bertukar pandangan untuk memperdalam kerja sama dalam berbagai hal. Termasuk soal Korea Utara, pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi menjelang peringatan 30 tahun hubungan bilateral China-Korsel pada 2022.

“Saya juga menantikan kesempatan untuk membahas cara-cara untuk mengelola secara stabil situasi yang berubah-ubah di semenanjung Korea. Dan untuk mendorong kondisi (yang kondusif) agar memajukan upaya kami dalam membangun perdamaian yang langgeng,” kata Kang.

Pembicaraan antara Menlu Korsel dan China dilakukan saat kedua negara menjajaki kemungkinan Presiden Xi mengunjungi Seoul. Bersamaan dengan saat Amerika Serikat bersiap untuk pemerintahan baru di bawah Presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden.

Perjalanan Xi ke Seoul sebelumnya dijadwalkan pada awal tahun ini. Tetapi ditunda karena pandemi virus corona yang mengganggu jadwal pertemuan diplomatik.

Wang juga dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Korsel Moon Jae-in, di antara pejabat Korsel lainnya.

Wang adalah diplomat senior kedua China yang mengunjungi Korea Selatan sejak kasus virus corona dilaporkan di China pada akhir tahun lalu. Menyusul perjalanan Yang Jiechi, anggota Politbiro Partai Komunis pada Agustus.(cak)

Post Terkait

banner 468x60