Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaInternationalMendag Prancis Tolak Pertemuan dengan Mendag Australia

Mendag Prancis Tolak Pertemuan dengan Mendag Australia

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – PARIS – Menteri Perdagangan Prancis Franck Riester menolak tawaran untuk bertemu dengan mitranya dari Australia, Dan Tehan, bulan depan di Paris.

BACA JUGA: Sumbangan Vaksin Tahap ke-3 dari Prancis Tiba di Jakarta

Riester mengatakan ketegangan kedua negara tak akan cepat mereda. Menyusul keputusan Australia yang membatalkan pesanan kapal selam senilai 40 miliar dolar AS (Rp571,7 triliun) dari Prancis.

Tehan mengatakan pada radio ABC, Senin, bahwa dia “sangat tertarik” untuk bertemu dengan Riester dalam kunjungan ke Paris pada Oktober untuk menghadiri pertemuan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan  (OECD).

Namun seorang pejabat di kantor Riester mengatakan pada Jumat bahwa atasannya telah menolak tawaran itu.

“Kami tak akan menindaklanjuti permintaan menteri Australia itu untuk bertemu. Kami tak bisa bersikap seakan-akan semuanya biasa saja,” kata pejabat Prancis tersebut.

Pemerintah Australia pekan lalu membatalkan pesanan armada kapal selam dari Prancis.

Mereka mengatakan akan membangun sedikitnya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan dukungan teknologi dari Amerika Serikat dan Inggris di bawah kemitraan keamanan yang baru, AUKUS.

Menanggapi keputusan itu, Paris memanggil pulang duta besarnya di Australia dan AS.

Meski Prancis mengatakan akan mengirim lagi duta besarnya di AS setelah kedua pemimpin berupaya memperbaiki hubungan lewat telepon, negara itu masih sangat gusar dengan Australia.

BACA JUGA: Harga Tembaga Melemah, Saham Australia Ikut Jatuh

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pada Rabu dia sudah berusaha mengatur pembicaraan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, namun gagal.(int2)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...