Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaInternationalKetua Terpilih Kuomintang Tegaskan Konsensus 1992, Xi Ucapkan Selamat

Ketua Terpilih Kuomintang Tegaskan Konsensus 1992, Xi Ucapkan Selamat

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BEIJING – Ketua terpilih Partai Kuomintang Taiwan (KMT) Eric Chu menegaskan pentingnya menegakkan kembali Konsensus 1992 tentang Prinsip Satu China.

BACA JUGA: Makalah China Sebut COVID Telah Menyebar di AS September 2019

Berdasarkan konsensus tersebut, Chu pada Minggu (26/9) menyampaikan harapannya untuk meningkatkan kerja sama dengan Partai Komunis China (CPC).

Mantan Wali Kota New Taipei berusia 60 tahun tersebut meraih 85.164 suara atau 46 persen dari 187.999 suara anggota KMT pada pemilihan Sabtu (25/9), demikian Kantor Berita Taiwan CNA.

Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat atas terpilihnya Chu sebagai puncak pimpinan partai politik yang kini beroposisi dengan pemerintah Taiwan itu.

Berdasarkan landasan politik bersama dalam menegakkan Konsensus 1992 dan menentang Kemerdekaan Taiwan, kedua belah pihak telah lama menjalin interaksi positif, mendukung perdamaian lintas-selat, dan memberikan manfaat kepada masyarakat kedua belah pihak, demikian Xi yang juga Sekretaris Jenderal CPC dalam ucapan selamat kepada Chu sebagaimana dikutip Kantor Berita Xinhua.

Chu menanggapi ucapan tersebut dengan menyatakan bahwa kedua belah pihak harus meningkatkan rasa saling percaya, bekerja sama menegakkan Konsensus 1992, dan menentang Kemerdekaan Taiwan.

Menurut dia, kerja sama kedua belah pihak yang telah berlangsung lebih dari 30 tahun telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam hubungan lintas-selat.

Namun, di bawah pemerintahan Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkebijakan “Desinisasi” dan “Anti-China” telah mengubah hubungan status quo lintas selat sehingga memicu ketegangan dan mengakibatkan kehidupan masyarakat di kawasan itu terganggu, demikian Chu.

Anggota parlemen dari DPP Lo Chi Cheng menemukan kejanggalan atas ucapan selamat Xi kepada ketua baru KMT tersebut.

BACA JUGA: Indonesia Sebut Vanuatu Tutup Mata Soal Kelompok Separatis Kriminal

Menurut Lo, Chu harus memilih bersekutu dengan Xi atau dengan rakyat Taiwan mengingat penentang Kemerdekaan Taiwan bukan dari kubu arus utama. (int2)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...