Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaInternationalKedubes China di Jerman Ingatkan Warga Waspada Penipuan Telekomunikasi

Kedubes China di Jerman Ingatkan Warga Waspada Penipuan Telekomunikasi

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Baru-baru ini, terdapat oknum yang menyalahgunakan nama kedutaan besar (Kedubes) China di Jerman.

Businessman using a computer for property sales & listings, realtor agency & contractor, residential property, investment, housing project, property development real estate, choose a house buy online.
- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melansir news.sina.cn, untuk lebih meningkatkan kesadaran pencegahan warga negara China di Jerman dan memahami taktik umum penipu, Kedubes China di Jerman mengeluarkan peringatan waspada penipuan telekomunikasi sebagai berikut:

Baca juga: Turis Australia Dilarang Kunjungi Kebun Binatang Usai Liburan di Indonesia

1. Jenis penipuan telekomunikasi yang umum

Menyamar sebagai kedutaan atau konsulat

Untuk membujuk para pihak memberikan informasi pribadi, para penjahat menggunakan cara teknis untuk berpura-pura menjadi nomor telepon kedutaan kami 0049-30-27588*** untuk menelepon para pihak. Berpura-pura menjadi anggota staf kedutaan, memberikan informasi seperti orang dan nama pihak, menipu kepercayaan para pihak, dan mengklaim palsu, dokumen identitas dan rekening bank para pihak dicuri dan digunakan untuk kegiatan ilegal.

Selain itu, penjahat juga dapat dengan keliru menyatakan bahwa yang bersangkutan perlu ikut serta dalam “sensus luar negeri” atau bahwa ada dokumen dan paket penting yang perlu diambil di perpustakaan, atau bahwa yang bersangkutan terlibat dalam tindak pidana, dan membimbing orang yang bersangkutan untuk mentransfer ke telepon palsu yang berpura-pura menjadi jaksa penuntut umum, untuk mengelabui orang yang bersangkutan untuk memberikan informasi pribadi, menyebabkan para pihak mengalami kebocoran informasi yang serius dan kerusakan properti.

mengingatkan:

Nomor penelepon dapat disamarkan dengan cara teknis Ketika Anda menerima panggilan yang menunjukkan nomor telepon kedutaan kami: 0049-30-27588***, jangan mengendurkan kewaspadaan Anda.

Kedutaan kami tidak akan menghubungi orang yang bersangkutan untuk melakukan “sensus luar negeri” atau meminta orang yang bersangkutan datang ke kedutaan untuk mengumpulkan dokumen dan paket dan dengan demikian meminta informasi pribadi, dan kedutaan kami juga tidak akan memberi tahu orang yang bersangkutan tentang dugaan kejahatan atau kejahatan melalui telepon.

Selain itu, kedutaan kami adalah telepon layanan manual saluran langsung, dan tidak akan mengirim pemberitahuan melalui telepon yang direkam, atau meminta para pihak untuk menghubungi nomor ekstensi untuk melompat ke layanan manual melalui suara telepon.

Panggilan penipuan semacam itu biasanya menipu informasi pribadi pribadi para pihak seperti nama pribadi mereka, tanggal lahir, nomor paspor, dan nomor kartu bank.

Jika Anda menerima panggilan telepon yang dicurigai sebagai penipuan, harap abaikan dan segera tutup.

Jangan memberikan informasi pribadi apa pun atau mentransfer atau mengirimkan uang seperti yang diminta oleh panggilan telepon tersebut.

Jika perlu, Anda dapat menghubungi kedutaan atau konsulat untuk memverifikasi situasinya. .

Berpura-pura menjadi penuntut umum

Para penjahat memanggil para pihak dan berpura-pura menjadi anggota staf keamanan publik, kejaksaan, pengadilan dan lembaga penegak hukum dan peradilan nasional lainnya, dan menipu kepercayaan para pihak.

Penjahat secara keliru mengklaim bahwa identitas klien telah digunakan untuk kegiatan ilegal dan kriminal atau diduga melakukan kejahatan, meminta klien untuk bekerja sama dalam penyelidikan, dan menipu klien untuk memberikan informasi privasi pribadi dengan alasan bahwa kasus tersebut perlu ditangani, untuk membayar denda, membayar jaminan, dan menerima “tinjauan keuangan”, dll. Nama itu menipu para pihak untuk melakukan transfer dan pengiriman uang. Dalam kasus seperti itu, para penjahat sering menuntut para pihak untuk memutuskan kontak dengan dunia luar dengan alasan “merahasiakan kasus” untuk mencegah para pihak mendapatkan bantuan dari luar.

mengingatkan:

Kejaksaan Negeri dan lembaga lainnya memiliki prosedur yang ketat untuk menangani kasus, aparat penegak hukum tidak akan melaporkan kasus tersebut melalui telepon, dan tidak akan menangani kasus melalui perangkat lunak sosial. Kejaksaan Negeri dan badan-badan lainnya tidak akan meminta para pihak untuk membayar uang jaminan atau jaminan, mereka juga tidak memiliki apa yang disebut “rekening aman”.

Kejaksaan Negeri dan organ-organ lain melindungi hak-hak warga negara yang sah, dan tidak akan mengharuskan para pihak untuk memutuskan semua kontak eksternal atas dasar kerahasiaan kasus tersebut.

Elemen tanpa hukum pandai memerangi “perang informasi” dan “perang psikologis”. Penjahat sering melaporkan informasi palsu seperti nama dan nomor pekerjaan orang yang menangani kasus tersebut, dan bahkan menyediakan halaman web palsu dan meminta perintah dari lembaga negara untuk menetapkan otoritas.

Penjahat sering menggunakan nada tegas di telepon untuk menghalangi para pihak, dengan salah mengklaim bahwa kasusnya buruk dan dapat membawa konsekuensi serius seperti pemulangan para pihak, yang menyebabkan para pihak kehilangan penilaian mereka dalam ketegangan yang kuat.

Jika Anda menerima panggilan telepon yang dicurigai sebagai penipuan, harap abaikan dan segera tutup. Jangan memberikan informasi pribadi apa pun atau mentransfer atau mengirimkan uang seperti yang diminta oleh panggilan telepon tersebut. Jika perlu, Anda dapat memverifikasi situasinya melalui kedutaan, ​​​konsulat atau saluran resmi Biro Keamanan Umum.

Kencan online

Penjahat mencoba untuk berkenalan dengan para pihak di platform sosial online. Setelah menjalin hubungan yang baik dengan para pihak dan mendapatkan kepercayaan dari para pihak, mereka menipu para pihak untuk berpartisipasi dalam investasi atau berbohong bahwa mereka dalam kesulitan dan sangat perlu meminjam uang untuk menipu para pihak untuk mentransfer dan mengirimkan uang.

mengingatkan:

Sulit untuk membedakan identitas asli dan palsu dari netizen, dan penjahat sering mendekati pihak melalui identitas palsu, dan hanya mulai menipu uang setelah membangun kepercayaan dengan menampilkan dokumen palsu dan pertukaran emosional jangka panjang. Harap berhati-hati saat berteman secara online, jangan menambahkan informasi kontak orang asing sesuka hati, tarik garis tegas antara virtual dan kenyataan, perasaan dan uang, dan waspadalah saat pihak lain menyebutkan uang.

Tidak akan ada kue di langit, dan Anda harus berhati-hati dalam berinvestasi dan manajemen keuangan. Ada profesional dan saluran untuk investasi dan manajemen kekayaan. Anda tidak dapat mempercayai apa yang disebut orang dalam atau saluran, Anda tidak dapat menggunakan platform investasi informal, dan Anda tidak boleh berfantasi tentang memperoleh pengembalian yang tinggi. Ketamakan akan uang seringkali hanya mengakibatkan kerugian properti.

Lagi pula, ada celah dalam skrip penipuan penjahat. Harap tetap bijaksana dan sadar, dan jangan kehilangan penilaian dan kewaspadaan Anda karena persahabatan atau cinta online. Jika Anda dicurigai melakukan penipuan seperti itu, Anda dapat menghubungi kedutaan atau polisi untuk meminta bantuan, dan jangan mentransfer uang.

(4) Belanja online

Penjahat mempublikasikan iklan di media sosial atau platform belanja online untuk menarik perhatian para pihak dengan mengklaim harga rendah dan menjual barang dan jasa berkualitas tinggi dan langka dalam jumlah besar, untuk membujuk para pihak meninggalkan platform perdagangan formal, mentransfer dan mengirimkan uang melalui perangkat lunak sosial atau platform perdagangan palsu, dan dengan cepat memutuskan kontak setelah menipu uang.

mengingatkan:

Harap waspada saat berbelanja online, pahami dan identifikasi dengan cermat pedagang dan informasi komoditas, dan waspadai pedagang yang harga dan cadangan komoditasnya sangat berbeda dari kondisi pasar biasa. Anda harus mencoba untuk memilih platform transaksi dan pembayaran resmi yang formal dan dapat diandalkan, jangan mengklik tautan pembayaran yang tidak dikenal yang disediakan oleh pihak lain, dan perhatikan untuk menyimpan voucher belanja.

Jika Anda dicurigai melakukan penipuan seperti itu, Anda dapat menghubungi kedutaan atau polisi untuk meminta bantuan, dan jangan mentransfer uang.

Baca juga: Berlin Dilanda Gelombang Panas, Suhu Udara Capai 37 Derajat Celcius

2. Pencegahan Penipuan Telekomunikasi

Penipuan telekomunikasi yang menargetkan warga negara China di luar negeri seringkali merupakan kejahatan transnasional. Terkendala oleh faktor objektif dan realistis seperti perbedaan undang-undang dan peraturan di negara yang berbeda, bahasa yang berbeda, dan prosedur penanganan kasus transnasional yang rumit, sulit untuk menyelidiki dan menangani kasus penipuan telekomunikasi transnasional.

Oleh karena itu, kunci untuk memerangi penipuan telekomunikasi adalah pencegahan. Untuk memastikan bahwa mereka tidak tertipu, warga Tionghoa perantauan perlu mengembangkan kesadaran pencegahan yang baik.

Harap tetap waspada dan ekstra waspada jika menyangkut hal-hal yang melibatkan informasi pribadi dan uang. Jangan percaya pada permintaan informasi pribadi dan transfer atau pengiriman uang dengan nama apa pun, dan jangan mempercayai pihak lain secara membabi buta karena mengaku dari lembaga resmi. Jangan menambahkan orang asing dan teman sesuka hati, jangan mengklik tautan yang tidak dikenal sesuka hati, jangan mengunduh perangkat lunak ponsel dari sumber yang tidak dikenal, jangan melakukan transaksi di platform informal, dan jangan mengomunikasikan informasi penting melalui perangkat lunak sosial, terutama beberapa perangkat lunak sosial yang memiliki fungsi menghapus catatan obrolan antara kedua belah pihak.

Harap pertahankan pengendalian diri, jangan jatuh ke dalam garis bawah melindungi informasi pribadi dan keamanan properti karena persahabatan atau cinta online, dan jangan percaya pada apa yang disebut investasi dengan pengembalian tinggi atau barang berkualitas tinggi dengan harga rendah karena keserakahan demi uang dan keuntungan kecil.

Harap tetap rasional, tenang dan tidak panik, dan analisis situasi dengan tenang. Penipuan telekomunikasi akan selalu terbongkar.Bila Anda tidak yakin, Anda dapat memeriksa situasi dengan kedutaan atau saluran resmi terpercaya lainnya, berkomunikasi dengan keluarga dan teman, dan tidak bertindak impulsif.

3. Penanganan Penipuan Telekomunikasi

Setelah mengetahui bahwa pihak lain dicurigai melakukan penipuan telekomunikasi, harap abaikan dan segera putuskan kontak, dan jangan berikan informasi pribadi atau transfer uang. Jika Anda mengetahuinya, harap segera beri tahu kerabat dan teman Anda untuk mencegah penjahat menggunakan informasi yang relevan untuk menipu. Dalam kasus kehilangan harta benda, Anda harus menyimpan bukti dengan benar dan melaporkan kasus tersebut ke polisi setempat pada waktu yang tepat. Pada saat yang sama, Anda harus melapor ke badan keamanan publik domestik. Anda juga harus menghubungi bank tempat rekening Anda berada. dibuka atau platform perdagangan tempat Anda berada sesegera mungkin, dan minta mereka untuk mengambil tindakan stop-loss yang sesuai seperti menghentikan pembayaran dan membekukan. Jika Anda tidak dapat melaporkan kasus tersebut secara langsung ke badan keamanan publik domestik, Anda juga dapat melaporkan kasus tersebut melalui kerabat dekat Anda di Tiongkok dan meminta bantuan dari pusat penipuan jaringan anti-telekomunikasi domestik tempat kasus tersebut dilaporkan.

4. Informasi kontak untuk bantuan dalam kasus penipuan telekomunikasi

Nomor polisi Jerman: 110

Hotline Darurat Layanan dan Perlindungan Konsuler Global Kementerian Luar Negeri (24 jam): 0086-10-12308 atau 0086-10-59913991

Nomor telepon perlindungan konsuler kedutaan besar Tiongkok di Jerman: 0049-30-27588551

Nomor perlindungan konsuler Konsulat Jenderal Tiongkok di Hamburg: 0049-40-81976030

Nomor telepon perlindungan konsuler Konsulat Jenderal Tiongkok di Munich: 0049-89-724498146

Nomor telepon perlindungan konsuler Konsulat Jenderal Tiongkok di Frankfurt: 0049-69-69538633

Nomor telepon perlindungan konsuler Konsulat Jenderal Tiongkok di Dusseldorf: 0049-211-55080446. (mdr2/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Idap Hipertensi, Ibu di Tasikmalaya Meninggal Usai Terjatuh saat Lomba Balap Karung

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kapolsek Mangkubumi Iptu Hartono mengatakan Rini (29) warga yang meninggal usai terjatuh saat lomba balap karung, memiliki riwayat penyakit darah...