Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaInternationalIngin Sekolah di Jerman? Ketahui Biaya Hidup dan Pendidikan Pelajar Jerman Berikut...

Ingin Sekolah di Jerman? Ketahui Biaya Hidup dan Pendidikan Pelajar Jerman Berikut Ini

NUSADAILY – JAKARTA – Siswa yang belajar di Jerman membutuhkan rata-rata sekitar 800 euro atau 12 juta rupiah per bulan untuk pakaian, makanan, buku, asuransi kesehatan, dan kontrak telepon seluler, menurut survey sosial yang dilakukan oleh Persatuan Pelajar Jerman.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berapa biaya kuliah di Jerman?

Melansir dari deutschland.de, di Jerman, belajar di universitas negeri tidak dikenakan biaya kuliah sejak tahun 2014.

Namun, ada biaya semester dengan jumlah yang berbeda (antara 150 hingga hampir 400 euro atau 2,2 hingga 6 juta rupiah). Yang antara lain memungkinkan penggunaan transportasi umum lokal secara gratis.

Jadi, jika ingin mengenyam pendidikan di Eropa, Jerman adalah pilihan yang tepat. Namun demikian, buaya sewa tempat tinggal dan bahan makanan tetap menggunakan biaya pribadi.

Cari tahu terlebih dahulu kota universitas mana yang termurah, cara mengajukan visa belajar, dan semua hal lain yang perlu diketahui tentang belajar di Jerman.

BACA JUGA: Jelajahi Jerman dengan Sepeda, Berikut Rekomendasi Rute-rutenya

Pilihan apa yang dimiliki untuk membiayai studi?

Untuk meningkatkan anggaran bulanan, para pelajar di Jerman dapat mencari pekerjaan paruh waktu atau posisi siswa magang di Jerman. Tetapi, ada juga cara lain untuk membiayai studi, yaitu beasiswa.

Siswa internasional dapat mengajukan permohonan beasiswa dari berbagai organisasi. Misalnya, dari Layanan Pertukaran Akademik Jerman (DAAD).

13 lembaga yang mensponsori anak berbakat intelektual, yayasan dan lembaga terkait bisnis juga menawarkan berbagai peluang pendanaan. Universitas sendiri juga memberikan beasiswa.

BACA JUGA: BLACKPINK Siap Comeback dengan Album dan Diikuti Tur Dunia

Persyaratan apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa?

Kinerja yang baik merupakan kriteria penting untuk seleksi beasiswa, tetapi bukan satu-satunya syarat. Tempat lahir, kondisi kehidupan khusus, atau minat penelitian juga dapat menentukan.

Persyaratan yang tepat untuk beasiswa sangat bervariasi tergantung pada program dan organisasi pendanaan. Dalam database beasiswa DAAD, pelajar bisa melihat banyak pilihan program pendanaan dan informasi tentang persyaratannya.(jrm1/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Nasib Putin di Invasi ke Ukraina, Ibarat Maju Kena Mundur Kena

NUSADAILY.COM –KHARKIV - Perang Rusia di Ukraina yang berkepanjangan dinilai telah menjadi bumerang bagi Presiden Vladimir Putin. Pemimpin itu disebut kini 'tersandera' dalam konflik...