Minggu, September 25, 2022
BerandaNewsEkonomiInflasi Singapura Capai Level Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhir

Inflasi Singapura Capai Level Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhir

NUSADAILY.COM – SINGAPURA – Tahun ini, inflasi inti Singapura naik menjadi 2,9% pada Maret dari 2,2% pada Februari. Sementara, inflasi utama naik menjadi 5,4% dari 4,3% pada Februari. Menurut Statistik Singapura, itu adalah rekor tertinggi inflasi Singapura dalam 10 tahun terakhir.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Inflasi China Tetap Rendah pada Februari 2022

Indeks harga konsumen inti (CPI) yang dilacak oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS), tidak termasuk biaya transportasi dan akomodasi pribadi, naik 2,9% dari tahun ke tahun di bulan Maret. Itu di atas perkiraan median dalam survei Bloomberg sebesar 2,5%.

Nilainya adalah 2,2% peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 2,9%. Peningkatan tersebut merupakan yang tertinggi sejak Maret 2012 karena dorongan harga makanan dan jasa lebih tinggi.

BACA JUGA: Mencermati Dampak Inflasi Tinggi di Amerika Serikat

Secara terpisah, inflasi utama di Singapura naik menjadi 5,4% dari 4,3% pada Februari, tertinggi dalam hampir satu dekade. Dikarenakan inflasi transportasi pribadi dan penginapan naik di samping inflasi inti yang lebih tinggi.

Otoritas Moneter Singapura mengatakan bahwa dalam jangka pendek, harga minyak mentah terus naik di tengah guncangan geopolitik dan gangguan rantai pasokan.

BACA JUGA: Ahli Sebut Inflasi Tinggi Pengaruhi Kesehatan Mental

Melansir dari takungpao, ketidaksesuaian pasokan dengan permintaan pasar, kemacetan dalam transportasi global, dan rantai pasokan regional juga kemungkinan akan bertahan.

Akibat kenaikan harga energi yang ditanggung oleh warga Singapura, beberapa media lokal memberikan himbauan untuk menghemat listrik.

BACA JUGA: Harga Emas Sedikit Menguat Ditengah Melonjaknya Inflasi AS

Seperti mengganti peralatan rumah tangga yang hemat energi, menahan keinginan terlalu banyak menggunakan AC, langsung mematikan listrik apabila tidak gunakan, mempersingkat waktu mandi, mengurangi penggunaan lampu LED, dll.(nd2/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Lihat Lagi Statistik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Timnas Indonesia menunjukkan performa bagus bersama Shin Tae-yong. Dirangkum dari Transfermarkt, berikut ini statistik juru taktik asal Korea Selatan itu...