Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaInternationalGerhana Bulan Super Blood Moon Buat Dua Pesawat Ruang Angkasa Mati

Gerhana Bulan Super Blood Moon Buat Dua Pesawat Ruang Angkasa Mati

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Karena gerhana bulan total Super Blood Moon, dua pesawat ruang angkasa bulan milik Amerika Serikat dan China jatuh ke dalam kegelapan. Gerhana bulan terjadi saat cahaya matahari ke bulan tertutupi oleh bumi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: NASA Kembangkan Teknologi Holograf, Mampu Kirim Orang ke Luar Angkasa

Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) NASA dan penjelajah bulan Yutu-2 China (keduanya bertenaga surya) tidak dapat beroperasi selama gerhana bulan. Dengan separuh bulan diselimuti kegelapan karena memasuki bayangan Bumi, LRO tidak dapat mengisi baterainya selama gerhana bulan 90 menit.

Namun, pesawat ruang angkasa itu diharapkan untuk melanjutkan operasi setelah terkena sinar matahari lagi. Ini bukan pertama kalinya LRO mengalami gerhana bulan.

BACA JUGA: Astronot Amerika Mengacungkan Jempol Setelah Kembali ke Bumi dengan Pesawat Ruang Angkasa Soyuz Rusia

Pengorbit yang ditenagai oleh susunan matahari, dirancang khusus untuk mengalami gerhana bulan, selama tim NASA di belakangnya mengikuti persis rencana. Hingga saat ini, pengorbit telah mengalami 11 kali gerhana bulan total.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

COVID-19 di Shanghai: 4 Kasus Transmisi Lokal, 10 Impor

NUSADAILY.COM-JAKARTA - Shanghai melaporkan satu kasus terkonfirmasi COVID-19 tansmisi lokal, 3 infeksi tanpa gejala lokal, delapan kasus terkonfirmasi impor dan dua infeksi tanpa gejala...