Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaInternationalDulu Sri Lanka Pernah Juga Merdeka Sebelum Kini Bangkrut, Ini Sumber Pendapatannya

Dulu Sri Lanka Pernah Juga Merdeka Sebelum Kini Bangkrut, Ini Sumber Pendapatannya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sri Lanka bangkrut dan kondisi ekonominya benar-benar runtuh. Negara yang dipimpin Gotabaya Rajapaksa itu gagal bayar utang luar negeri (ULN) sebesar US$ 51 miliar atau Rp 754,8 triliun (kurs Rp14.800).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kami sekarang melihat tanda-tanda kemungkinan jatuh ke titik terendah,” kata Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dikutip dari Bloomberg, Minggu (26/6/2022).

Melansir detikcom, sebelum diterpa kebangkrutan, Sri Lanka merupakan negara yang merdeka dari Inggris pada 1948 dan merupakan anggota negara-negara persemakmuran. Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Negara di Asia Selatan itu dikenal dengan nama Ceylon sampai tahun 1972.

BACA JUGA: Sri Lanka Bangkrut-Krisis BBM, Mobil Buatan Indonesia Ini Kesulitan Isi Bensin

Sri Lanka adalah negara pulau di pesisir tenggara India yang luasnya hanya 65.610 km2, kurang lebih hanya sebesar provinsi Jawa Barat ditambah Jawa Tengah. Dari sekitar 22 juta penduduk, 75% adalah Suku Sinhala yang mayoritas beragama Budha.

Etnis kedua adalah Tamil, sekitar 18% dan mayoritas beragama Hindu. Sisanya adalah muslim (7%) yaitu etnis Moor yang keturunan Arab dan muslim keturunan Melayu, etnis Burgher yaitu keturunan Eropa (1%) dan Wanniyala Aetto atau Vedda yaitu keturunan penduduk asli Sri Lanka yang saat ini jumlahnya semakin langka.

Tulang punggung ekonomi Sri Lanka adalah ekspor produk pertanian. Negara ini merupakan pengekspor teh terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok dengan nilai ekspor rata-rata US$ 1,35 miliar per tahun atau 16,84%.

Komoditi ekspor lainnya adalah tekstil dan produk garmen, rempah-rempah, hasil laut, karet dan produk olahannya, kelapa dan produk olahannya, serta berbagai jenis batu mulia: safir, mirah delima, berlian, zamrud, giok, biduri laut, akik, opal dan sebagainya.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Polresta Deli Serdang Amankan Nenek  Miliki Ganja

NUSADAILY.COM - DELI SERDANG - Sat Narkoba Polresta Deli Serdang amankan seorang nenek berinisial A (61) warga Jalan Seksama Gang Abadi Kelurahan  Menteng VII...