COVAX Harapkan India Kembali Kirimkan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Pada Mei

  • Whatsapp
India
Para petugas kesehatan mengacungkan jempol saat menyaksikan konferensi pers di puskesmas di San Salvador, El Salvador, Jumat (12/3/2021), setelah pemberian dosis vaksin AstraZeneca (SKBio Corea) melalui skema COVAX untuk melawan penyakit virus corona (COVID-19). REUTERS/Jose Cabezas/WSJ/djo
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NEW DELHI – COVAX, program yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memasok vaksin COVID-19 AstraZeneca ke negara-negara miskin, berharap Serum Institute of India (SII) akan melanjutkan pengiriman secara penuh vaksin COVID-19 AstraZeneca pada Mei, kata  UNICEF, Sabtu (27/3).

“Pengiriman vaksin SII/AZ secara penuh diharapkan dapat dimulai lagi pada Mei. Dengan pengiriman menjangkau alokasi penuh setiap partisipan hingga Mei, setelah dipercepat,” kata juru bicara UNICEF kepada Reuters.

Baca Juga

BACA JUGA: EU ke AstraZeneca: Tak Ada Ekspor Vaksin Sampai Kontrak Kami Terpenuhi

Juru bicara itu menambahkan bahwa COVAX sedang melakukan dalam pembicaraan dengan New Delhi untuk mengamankan “beberapa pasokan” pada April juga. COVAX mengharapkan pada Maret dan April akan mendapatkan total 90 juta dosis dari SII, yang baru diterimanya sekitar 28 juta dosis.

UNICEF merupakan mitra distribusi dari program tersebut, yang dijalankan bersama aliansi vaksin GAVI.

India, produsen vaksin terbesar di dunia, pada Jumat (26/3) mengatakan akan memprioritaskan vaksinasi COVID-19 dalam negeri saat infeksi melonjak di negara itu.

India juga telah menginformasikan kepada para konsumen internasional soal keputusan tersebut.

BACA JUGA: Vaksin AstraZeneca Aman, Tapi Ada Risiko Pembekuan Darah

Pada Jumat, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menuturkan keputusan India “dapat dipahami”. Tetapi WHO sedang dalam pembicaraan agar SII terus menyediakan dosis vaksin ke negara-negara lain.

COVAX sejauh ini telah menyalurkan 32 juta dosis vaksin ke 61 negara, tetapi 36 negara masih menunggu kedatangan vaksin untuk memulai inokulasi, kata Tedros.(int2)