Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaInternationalBiden-Xi Adakan Pertemuan Secara Virtual Paling Cepat Pekan Depan

Biden-Xi Adakan Pertemuan Secara Virtual Paling Cepat Pekan Depan

NUSADAILY.COM – WASHINGTON – Pertemuan virtual yang direncanakan antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan diadakan paling cepat pekan depan. Seseorang yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengatakan kepada Reuters.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Para juru bicara Gedung Putih dan Kedutaan Besar China di Washington menolak untuk mengonfirmasi apakah pertemuan itu akan berlangsung pekan depan.

Baca Juga: Biden Yakinkan Pemimpin Dunia AS Penuhi Tujuan Pengurangan Emisi

Sebelumnya pada Senin (8/11), juru bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre pada acara jumpa pers tentang waktu pertemuan virtual Biden dengan Xi.

Pierre hanya menegaskan bahwa pada prinsipnya sudah ada kesepakatan bagi kedua presiden itu untuk mengadakan pembicaraan sebelum akhir tahun.

Dia mengatakan pembahasan tentang pertemuan tersebut sedang dilakukan untuk memastikan berbagai aspek, tetapi menolak untuk menerangkan secara spesifik.

Pertukaran diplomatik yang agresif dengan China di awal pemerintahan Biden membuat para sekutu bertanya-tanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Presiden Biden Perkuat Kerja Sama Indonesia-AS

Para pejabat AS percaya menjalin kontak langsung dengan Xi adalah cara terbaik untuk mencegah hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia itu meruncing menuju konflik.

Kedua belah pihak mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan untuk mengadakan pertemuan virtual antara Biden dan Xi sebelum akhir tahun. Setelah penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan dan diplomat utama China, Yang Jiechi, melakukan pembicaraan di Kota Zurich, Swiss, pada Oktober.

Sumber-sumber pada Oktober mengatakan kepada Reuters bahwa, mengingat pembatasan COVID-19 di China. Dan juga keengganan Xi untuk bepergian, Washington bermaksud melakukan panggilan konferensi video pada November.

Baca Juga: Biden Desak Negara G20 Penghasil Energi Untuk Tingkatkan Produksi

Pertaruhan untuk pertemuan itu tinggi. “Washington dan Beijing telah berdebat tentang isu-isu mulai asal-usul pandemi. Hingga persenjataan nuklir China yang meningkat“ tetapi tim Biden sejauh ini tak berharap banyak untuk hasil yang spesifik. (nd6)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily