Senin, September 26, 2022
BerandaInternationalBanjir di Seoul, 7 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Banjir di Seoul, 7 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

NUSADAILY.COM-SEOUL – Sedikitnya tujuh orang tewas saat curah hujan terberat dalam beberapa dasawarsa melanda wilayah Seoul semalam, Senin (8/8/2022).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Hujan lebat membanjiri rumah-rumah, jalan-jalan dan stasiun kereta bawah tanah,” kata pejabat Korea Selatan, Selasa (9/8).

Melansir New York Times, tiga dari korban tewas, dua saudara perempuan berusia 40-an dan seorang gadis 13 tahun. Mereka ditemukan Selasa pagi ketika pekerja darurat memompa air yang membanjiri rumah semi-basement mereka di Seoul selatan.

“Seorang lagi adalah pegawai kota, yang tampaknya tersengat listrik saat memindahkan pohon yang tumbang ke trotoar,” kata polisi.

Selain tujuh kematian yang dikonfirmasi, para pejabat mengatakan enam orang hilang terseret banjir ke dalam lubang got, lorong bawah tanah atau sungai.

“Hampir 17 inci hujan turun di Seoul selatan antara Senin pagi dan Selasa pagi, kira-kira jumlah yang sama yang turun di bulan musim panas biasa,” kata pejabat cuaca. Di satu distrik, 5,4 inci jatuh dalam satu jam, memecahkan rekor Seoul selama 80 tahun.

“Hujan lebat diperkirakan terjadi Selasa di wilayah ibu kota dan di provinsi timur dan selatan itu,” kata Badan Meteorologi Korea.

Gangnam Kacau

Banjir mengubah jam sibuk Senin malam di Seoul menjadi kekacauan. Beberapa stasiun kereta bawah tanah ditutup, dan pengemudi meninggalkan mobil di mereka Gangnam. Hal ini karena jalan tidak dapat dilalui. Rumah dan bangunan lainnya mengalami pemadaman listrik.

Baca juga: Wanita Tewas Terjatuh dari Roller Coaster di Taman Hiburan Rhineland-Palatinate

Foto-foto di media sosial menunjukkan komuter mengarungi air setinggi pinggang. Pengemudi terdampar di atap mobil dan air hujan mengalir menuruni tangga stasiun kereta bawah tanah.

Beberapa gambar dari Selasa pagi, setelah banjir surut, menyerupai film bencana, dengan mobil-mobil berserakan di jalan-jalan kota.

Baca juga: BMKG Hari Ini : Jakpus Cerah Berawan Sepanjang Hari

Jalur pendakian di pegunungan di sekitar Seoul ditutup pada hari Selasa. Pemerintah juga mengeluarkan peringatan-peringatan bahwa tanah longsor mungkin terjadi.

Bisnis didesak untuk menyesuaikan jam kerja mereka sehingga karyawan dapat menghindari kemacetan lalu lintas dan potensi bahaya.

“Memerintahkan badan pemerintah terkait untuk mengevakuasi orang dari daerah berbahaya untuk menghindari korban manusia,” ujar Presiden Yoon Suk-yeol di Facebook.

Korea Utara juga dilanda hujan deras dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa mayat yang ditemukan di Korea Selatan dekat perbatasan negara bulan lalu diyakini sebagai korban banjir. Mereka tersapu ke hilir dari Utara, kata polisi Korea Selatan.

Di masa lalu, banjir juga membawa ranjau darat dari Utara ke Selatan. Para pejabat memperingatkan warga Korea Selatan yang tinggal di dekat perbatasan untuk berhati-hati. (jrm3/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Dezhou Braised Chicken Jadi Hidangan Terpopuler Kereta Api China

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Setiap kali kereta melewati Stasiun Dezhou, China, truk penjual otomatis di peron terkelilingi oleh penumpang. Hanya untuk membeli Ayam Rebus Dezhou sebagai oleh-oleh...