Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaInternationalAndai Rusia Gagal Bayar Utang, Negara Mana yang Paling Dirugikan?

Andai Rusia Gagal Bayar Utang, Negara Mana yang Paling Dirugikan?

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tingkat kepercayaan negara akan turun jika negara tersebut dinyatakan gagal bayar utang (default) terhadap utang luar negerinya. Ancaman gagal bayar utang ini tengah menghantui Rusia, sebab Amerika Serikat (AS) tengah menyiapkan ‘amunisi’ agar Rusia tak bisa membayar utang sebagai sanksi invasi ke Ukraina.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Banyak pihak yang bakal dirugikan jika sebuah negara tak mampu membayar utang. Siapa saja mereka?

BACA JUGA: Sri Lanka Gagal Bayar Utang Untuk Pertama Kalinya dalam Sejarah

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan, yang paling dirugikan dari gagal bayar utang adalah negara itu sendiri. Sebab, gagal bayar utang membuat ekonomi di negara tersebut berpotensi tidak tumbuh dan berkembang.

“Saya kira turunan turunnya pertumbuhan ekonomi sangat banyak, terutama misalnya kemudian ada berpengaruh ke angka kemiskinan, angka pengangguran itu yang beberapa turunan yang bisa terjadi ketika suatu negara yang terkena default, itu terkoreksi pertumbuhan ekonominya,” jelasnya kepada detikcom, Rabu (25/5/2022).

Kemudian, yang dirugikan adalah negara yang berhubungan dengan negara yang dinyatakan gagal bayar. Sebab, mereka akan putar otak agar dana yang ditempatkan di negara gagal bayar bisa kembali.

“Akan menjadi semakin besar masalahnya kalau penempatan dana instrumen itu merupakan dana-dana investasi dana pensiun, asuransi itu yang akan menjadi tambahan masalah negara tersebut,” jelasnya.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...