Ini Lo Penyebab Klitoris Teramat Sangat Sesitif

Ini Lo Penyebab Klitoris Teramat Sangat Sesitif

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Ahli mengungkap alasan kenapa klitoris pada perempuan bisa begitu sensitif. Ini terkait dengan 10 ribu jaringan saraf yang terlibat di dalamnya!
"Menakjubkan untuk berpikir lebih dari 10 ribu jaringan saraf terkonsentrasi dalam sesuatu yang sekecil klitoris," kata Blair Peters, dokter bedah plastik di Oregon Health and Science University's School of Medicine seperti dilansir Science Alert.

Untuk waktu yang lama, para ilmuwan meyakini ada delapan ribu saraf dalam klitoris. Jumlah itu dua kali lebih banyak daripada yang ada di penis pria.

Jumlah itu diturunkan dari studi-studi terdahulu terhadap sapi. Hasilnya kemudian secara sederhana diadaptasi untuk manusia, yang kebanyakan dikutip untuk pengisian saraf di jaringan penis dan klitoris.

Peter sendiri memiliki spesialisasi di bidang kepedulian konfirmasi-gender. Bidang pekerjaannya bergantung kepada pengertian mendalam terhadap organ seksual manusia.

Ia lalu meriset lebih jauh titik akhir saraf pada klitoris, jumlah yang dua kali lebih banyak daripada yang terdapat di penis pria. Namun dalam studi yang belum di-peer-review, jumlah tersebut ternyata jauh dari perkiraan.

Dalam studinya, Peters mendapatkan lembaran jaringan saraf klitoris dari para sukarelawan transpria, yang menjalani operasi plastik genital. Ia lalu menggunakan mikroskop dan menemukan ada rata-rata 5.140 jaringan saraf pada klitoral dorsal. Setiap klitoris biasanya memiliki dua klitoral dorsal.

Melihat jumlah sampel keseluruhan dalam studi ini, ada total sekitar 9.852 hingga 11.086 jaringan saraf yang mengisi setiap klitoris. Studi yang dilakukan Peter ini merupakan yang pertama, yang menghitung jumlah saraf pada dalam klitoral dorsal manusia dan perkiraan jaringan saraf yang mengisi klitoris manusia.

"Sangat mengejutkan jika Anda membandingkan ukuran klitoris dengan organ lain pada tubuh manusia," kata Peters.

Sebagai perbandingan, saraf median yang berada di sepanjang tangan manusia diketahui memiliki 18 ribu jaringan saraf. Namun hal itu bisa dipahami lantaran ukuran tangan yang sekitar 10 cm lebih besar daripada klitoris, yang jadi salah satu titik utama perangsangan pada perempuan.

Peters bersama rekan-rekannya mempublikasikan hasil penelitiannya itu dengan judul How many Nerve Fibers Innervate the Human Clitoris? A Histomorphometric Evaluation of the Dorsal Nerve of the Clitoris. Artikel tersebut dipublikasikan di situs Sexual Medicine Society of North America and the International Society for Sexual Medicine.

Dalam artikelnya, Peters juga menulis "Pengetahuan ini akan menjadi faktor penting yang berkontribusi dalam optimalisasi seleksi saraf dan sensor dalam operasi genital konfirmasi-gender,"(han)