Ini Alasannya Wajib Foto Koper Sebelum Check-In Penerbangan

Memotret barang bawaan sebelum terbang bisa menghemat uang dan menghindari keruwetan. Karena, aktivitas itu sudah seperti membeli asuransi perjalanan.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Memotret barang bawaan sebelum terbang bisa menghemat uang dan menghindari keruwetan. Karena, aktivitas itu sudah seperti membeli asuransi perjalanan.

Melansir Travel + Leisure, Kamis (27/10/2022), aktivitas penerbangan begitu tinggi belakang semenjak pandemi mereda. Traveler bisa saja dengan mudah terkena pembatalan hingga kehilangan tas.

BACA JUGA: PHRI Yogyakarta Tolak Ancaman Pidana Pasangan Belum Nikah Check In di Hotel


Dan, memiliki bukti foto awal seperti apa keadaan barang-barang, dapat membantu Anda menerima kompensasi saat berada di Amerika Serikat. Itu jika bagasi terdaftar tidak sampai ke tujuan atau tiba dalam keadaan rusak.

"Maskapai wajib memberikan kompensasi kepada penumpang jika tas mereka rusak, tertunda, atau hilang," demikian bunyi situs Departemen Perhubungan AS.

"Maskapai diharuskan memberi kompensasi kepada penumpang untuk biaya tak terduga pada batas tanggung jawab maksimum, dapat diverifikasi, dan aktual yang mungkin mereka keluarkan saat bagasi mereka tertunda," imbuhnya.

Melansir detikTravel, batas kewajiban penggantian itu sebesar USD 3.800 atau Rp 60 juta untuk penundaan di penerbangan domestik dan USD 1.780 Rp 27 juta untuk internasional.

"Ini adalah jumlah terbesar yang harus dibayarkan maskapai kepada penumpang untuk tas yang hilang, rusak, atau tertunda. Maskapai bebas membayar lebih dari batas itu tapi tidak diharuskan untuk melakukannya," jelasnya.

Uang ini dapat digunakan untuk menutupi biaya barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti pakaian baru, perlengkapan mandi, atau barang kebutuhan lainnya. Saat tas tertunda dan belum diberikan kompensasi oleh maskapai, pastikan untuk memegang tanda terima untuk membantu klaim nanti.

BACA JUGA: Diduga Ditipu Waktu Take Off Pesawat, Ini Pesan Ari Lasso untuk Batik Air


Jika bagasi hilang untuk selamanya, hubungi maskapai karena aturannya berbeda dari satu maskapai ke maskapai lainnya. Namun, lembaga itu mencatat bahwa sebagian besar maskapai menyatakan tas hilang antara lima sampai empat belas hari setelah penerbangan.

Dan sekali lagi, untuk klaim bagasi yang hilang, maskapai mungkin memerlukan kuitansi atau bukti lain untuk barang-barang berharga yang ada di dalam tas yang hilang. Jadi, fotolah barang bawaan untuk berjaga-jaga.(eky)