Ini 9 Makanan yang Dapat Membantu Pemulihan Pasien Penyakit Ginjal

Siapa saja bisa mengalami penyakit ginjal. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang direkomendasikan pasien penyakit ginjal selama masa pemulihan.

Ini 9 Makanan yang Dapat Membantu Pemulihan Pasien Penyakit Ginjal
Foto ilustrasi.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Siapa saja bisa mengalami penyakit ginjal. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang direkomendasikan pasien penyakit ginjal selama masa pemulihan.

Bagi orang dengan riwayat penyakit ginjal, sangat penting untuk memperhatikan diet ramah ginjal. Diet ramah ginjal berarti diet yang membantu mengurangi jumlah limbah dalam darah.

Pembatasan diet akan bervariasi, tergantung kondisi ginjal dan kebutuhan nutrisi pasien.

Namun pada umumnya, ada beberapa makanan yang bisa membantu pemulihan pasien gagal ginjal. Berikut di antaranya.

BACA JUGA : Ini 9 Jenis Makanan yang Efektif untuk Cegah Kanker Otak

1. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran dengan aneka nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin B9 (folat). Selain itu, kembang kol juga merupakan sumber serat yang baik dan banyak mengandung senyawa antiinflamasi.

Mengutip Healthline, kembang kol juga ditemukan rendah potasium dan kalium. Pasien penyakit ginjal perlu membatasi asupan kalium untuk menghindari kenaikan tekanan darah.

2. Blueberry

Blueberry tinggi kandungan antioksidan, khususnya anthocyanin yang mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes.

Buah ini pun ramah buat ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium. Ginjal yang pernah mengalami kerusakan akan sulit membuang kadar sodium dan fosfor berlebih.

3. Anggur merah

Di balik rasanya yang manis, anggur merah banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut flavonoid. Flavonoid terbukti mampu mengurangi peradangan.

BACA JUGA : Simak! Ini Daftar Menu Diet yang Sehat dan Murah untuk Sepekan

4. Ikan-ikan berlemak

Ikan salmon, tuna, dan ikan kembung tinggi kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 sangat baik untuk tubuh dan bermanfaat untuk diet apa pun.

Seperti dikutip dari Medical News Today, asam lemak omega 3 bisa mengurangi kadar lemak dalam darah dan sedikit menurunkan tekanan darah. Tekanan darah merupakan salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

5. Apel

Apel baik untuk diet ginjal sebab mengandung jenis serat yang mengandung pektin. Pektin bisa membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal seperti gula darah tinggi dan kadar kolesterol.

6. Bawang putih

Buat pasien penyakit ginjal, bawang putih adalah pilihan bumbu yang sangat baik.

Mengapa? Selain dapat memberikan rasa pada makanan, bawang putih akan mengurangi kebutuhan garam ekstra.

BACA JUGA : Melihat Manfaat Tanaman Kasturi, Muali Bibit Wewangian, Aromaterapi hingga Atasi Sembelit

Selain itu, bawang putih juga menawarkan manfaat kesehatan seperti efek antiinflamasi dan kemampuan menurunkan kolesterol.

7. Putih telur

Ingin makan telur? Tidak masalah, asalkan pasien penyakit ginjal hanya mengonsumsi putih telurnya. Seperti dikutip dari laman National Kidney Foundation, putih telur akan jadi sumber protein yang rendah kalium.

8. Ayam tanpa kulit

Pasien penyakit ginjal harus benar-benar memperhatikan asupan protein. Ayam tanpa kulit bisa jadi pilihan protein yang tepat.

Ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan sodium ketimbang ayam utuh dengan kulit.

9. Nanas

Banyak sekali buah-buahan tropis yang tinggi kalium seperti jeruk, pisang, dan kiwi. Sayangnya asupan tinggi kalium tak disarankan bagi pasien penyakit ginjal.

Namun, Anda tetap bisa menikmati nanas sebagai buah tropis yang rendah kalium dan ramah buat ginjal.

Nanas tinggi akan kandungan serat, mangan, vitamin C dan bromelain yakni enzim yang membantu mengurangi inflamasi.(lal)