Inggris Akan Wajibkan Penumpang China Tes Covid Mulai 5 Januari

Inggris pada Jumat (30/12) mengumumkan semua penumpang yang tiba di Inggris dari China wajib menunjukkan hasil negatif tes covid-19. Kebijakan tersebut dilakukan menyusul lonjakan kasus covid-19 di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Inggris Akan Wajibkan Penumpang China Tes Covid Mulai 5 Januari
Inggris pada Jumat (30/12) mengumumkan semua penumpang yang tiba di Inggris dari China wajib menunjukkan hasil negatif tes covid-19 mulai 5 Januari mendatang. (AFP/STR).

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Inggris pada Jumat (30/12) mengumumkan semua penumpang yang tiba di Inggris dari China wajib menunjukkan hasil negatif tes covid-19. Kebijakan tersebut dilakukan menyusul lonjakan kasus covid-19 di Negeri Tirai Bambu tersebut. 

Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris menyatakan kewajiban itu berlaku efektif mulai 5 Januari mendatang. 

BACA JUGA : Pemerintah Buka Suara Terkait Imbauan Perjalanan ke China...

Mengutip Reuters, pemerintah Inggris sudah memerintahkan semua maskapai untuk memeriksa syarat tes covid bagi penumpang China. Jika calon penumpang tersebut ternyata tidak bisa menunjukkan hasil negatif tes covid, maskapai diperintahkan untuk melarang mereka naik pesawat. 

Inggris merupakan negara kesekian yang memperketat kunjungan orang dari China di tengah lonjakan kasus covid di Negeri Tirai Bambu tersebut. Sebelumnya, Amerika Serikat, Prancis, Korea Selatan, Spanyol dan India juga memberlakukan pengetatan sama.

BACA JUGA : 50 Persen Penumpang dari Beijing Positif Covid-19, Italia...

Pengetatan syarat tersebut dilakukan karena China dianggap kurang kooperatif dalam mengungkapkan data sebaran kasus covid. Hal itu menimbulkan kekhawatiran bagi sejumlah negara atas kemungkinan terjadinya gelombang penyebaran covid baru.

Pengetatan itu direspons sinis oleh media pemerintah China yang pada Jumat kemarin menyebut pengetatan syarat bagi kedatangan warga China  oleh berbagai negara  diskriminatif.(lal)