Industri Otomotif China Tumbuh Pesat Guna Stabilkan Ekonomi dan Tingkatkan Konsumsi

Industri otomotif China mempertahankan pertumbuhan pesat pada bulan September di tengah dukungan kebijakan guna menstabilkan ekonomi dan meningkatkan konsumsi, berdasarkan data industri Selasa (11/09).

IMPERIUMDAILY.COM – BEIJING   Industri otomotif China mempertahankan pertumbuhan pesat pada bulan September di tengah dukungan kebijakan guna menstabilkan ekonomi dan meningkatkan konsumsi, berdasarkan data industri Selasa (11/09).

Melansir Xinhua, penjualan mobil negara naik 25,7 persen YoY menjadi 2,61 juta unit pada September, menurut data dari Asosiasi Produsen Otomotif China.

Produksi mobil China mencapai 2,67 juta unit bulan lalu, naik 28,1 persen dari periode yang sama tahun 2021, menurut asosiasi tersebut.

Baca Juga:Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Vaksin Covid-19 IndoVac...

Dalam skala bulanan, output dan penjualan mobil China masing-masing naik 11,5 persen dan 9,5 persen, dalam periode tersebut.

Baca Juga:Penobatan Raja Charles III Dilakukan Pada 6 Mei 2023 di London

Dalam rincian, penjualan kendaraan penumpang di China melonjak 32,7 persen YoY menjadi 2,33 juta unit teratas pada September, melanjutkan pertumbuhan yang baik antara Juni dan Agustus, berdasarkan data..

Berkat berbagai dukungan kebijakan, seperti pengurangan pajak pembelian, penjualan mobil penumpang China telah kembali normal dan memperlihatkan tren pertumbuhan yang cepat, kata asosiasi tersebut.

Pada periode yang sama, pasar kendaraan komersial juga melaporkan pemulihan berkelanjutan, dengan produksi dan penjualan masing-masing naik 10,5 persen dan 7,9 persen bulan ke bulan.

Penjualan kendaraan energi baru (NEVs) tetap menjadi titik terang di pasar mobil China. Bulan lalu, penjualan NEV mencapai 708.000 unit, melonjak 93,9 persen di bandingkan  tahun sebelumnya.

Lebih dari 4,56 juta NEV terjual di China pada Januari-September. Naik 110 persen tahun ke tahun dan 23,5 persen dari total pangsa pasar mobil China.

Pasar NEV China akan mempertahankan kinerja yang baik di masa depan,  mencatat bahwa kepercayaan perusahaan di lapangan semakin meningkat karena telah memperpanjang kebijakan pembebasan pajak pembelian untuk NEV hingga akhir 2023, kata asosiasi.

Dalam sembilan bulan pertama, 19,47 juta mobil terjual di China, naik 4,4 persen YoY, dengan laju 2,7 poin persentase lebih cepat dari Januari-Agustus.

Diprediksi bahwa produksi dan penjualan mobil China akan melanjutkan ekspansi yang kuat pada kuartal keempat karena lingkungan pembangunan yang terus membaik, di dukung oleh deretan kebijakan guna menstabilkan ekonomi. (mdr1)