Impor dan Ekspor Sektor Industri Investasi China Meningkat di Kamboja

Nilai impor dan ekspor yang melewati Zona Ekonomi Khusus Sihanoukville (SSEZ) yang diinvestasikan China di Kamboja naik menjadi 1,9 miliar dolar AS.

Impor dan Ekspor Sektor Industri Investasi China Meningkat di Kamboja
Bendera Negara Kamboja sumber istockphoto

NUSADAILY.COM - PHNOM PENH - Nilai impor dan ekspor yang melewati Zona Ekonomi Khusus Sihanoukville (SSEZ) yang diinvestasikan China di Kamboja naik menjadi 1,9 miliar dolar AS.

ilustrasi pelabuhan laut sumber istockphoto

Melansir Xinhua, dalam sembilan bulan pertama tahun 2022, naik sebesar 21 persen dari 1,57 miliar dolar jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, berdasarkan laporan operator pada hari Senin (17/10).

BACA JUGA : Industri Otomotif China Tumbuh Pesat Guna Stabilkan Ekonomi dan Tingkatkan Konsumsi

Terletak di provinsi pesisir barat daya Preah Sihanouk, SSEZ merupakan zona industri terbesar di Kamboja dalam hal ukuran dan hunian.

Wakil Menteri Luar Negeri dan juru bicara Kementerian Perdagangan Kamboja Penn Sovicheat menyampaikan SSEZ merupakan contoh sempurna dari kerja sama yang saling menguntungkan di bawah kerangka Inisiatif Sabuk dan Jalan (strategi pembangunan global Tiongkok).

"SSEZ menyediakan banyak lapangan pekerjaan bagi para pekerja dan menjadi panutan bagi industri klaster dan sebagai basis ekspor," katanya. 

BACA JUGA : China Tetap Jadi Jangkar Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi...

"SSEZ terletak di dekat Pelabuhan Otonomi Sihanoukville, yang sangat nyaman untuk pertukaran perdagangan antara Kamboja dan negara lain."

“Kawasan industri memberikan kontribusi signifikan untuk mendukung ekspor negara selama pandemi COVID-19.” kata Neak Chandarith, Direktur Pusat Penelitian Jalur Sutra Maritim Abad 21 Kamboja. (mdr1/lal)