Ilmuwan Cina Temukan Struktur Gas Atom Terbesar di Alam Semesta

Para Ilmuwan menggunakan “China Sky Eye” FAST untuk mencitrakan gas atom hidrogen dalam kelompok galaksi padat “Stephen’s Quintet” dan langit sekitarnya.

NUSADAILY.COM – BEIJING - Para Ilmuwan menggunakan “China Sky Eye” FAST untuk mencitrakan gas atom hidrogen dalam kelompok galaksi padat “Stephen’s Quintet” dan langit sekitarnya.

Mereka menemukan struktur gas atom besar dengan skala sekitar 2 juta tahun cahaya, lebih besar dari Bima Sakti. Itu merupakan struktur gas atom terbesar yang pernah terdeteksi di alam semesta.

BACA JUGA : Miris! Pasangan Remaja di Jerman Tega Bunuh Kedua Orang...

Melansir new.qq.com, penelitian ini dilakukan oleh tim internasional yang dipimpin oleh Xu Cong, seorang peneliti di National Astronomical Observatory of the Chinese Academy of Sciences, dan hasilnya dipublikasikan secara online pada tanggal 19 Oktober di jurnal akademik internasional “Nature”.

Struktur gas atom tersebut dapat terdeteksi berkat kecanggihan dari China Sky Eye yang dapat mendeteksi gas atom difus yang sangat tipis jauh dari pusat galaksi gelap dan lemah telah membuka jendela baru untuk mempelajari asal usul benda langit di alam semesta.

Sejak penemuannya pada tahun 1877, "Stephen's Quintet" telah menjadi kelompok galaksi yang paling banyak dibicarakan dalam astronomi. 

BACA JUGA : Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram

Temuan terbaru menunjukkan bahwa struktur skala besar gas atom densitas rendah ada di luar angkasa jauh dari pusat cluster. Pembentukan struktur gas ini kemungkinan terkait dengan sejarah interaksi intergalaksi pada awal pembentukan "Stephen's Quintet", yang telah ada selama sekitar satu miliar tahun.

Dalam pengamatan yang telah dilakukan ini juga menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak struktur gas atom berdensitas rendah berskala besar di alam semesta.(mdr2/lal)