IKWI - PWI Jakbar Gelar Seminar KDRT Bertajuk Rumah Tangga Pembentuk Generasi Bangsa, Perlindungan yang Terabaikan

May 28, 2024 - 18:52
IKWI - PWI Jakbar Gelar Seminar KDRT Bertajuk Rumah Tangga Pembentuk Generasi Bangsa, Perlindungan yang Terabaikan

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta Barat Kembali akan menggelar Seminar. Rencananya  acara tersebut bakal digelar di ruang Anex Gedung B Kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (29/5/2024).

 

Seminar yang bertajuk  “Rumah Tangga Pembentuk Generasi Bangsa, Perlindungan Yang Terabaikan ini juga didukung Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jakarta Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat. Acara ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh istri wakil wali kota Jakbar yang merangkap Ketua Satu Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Jakarta Barat Fida Hendra,

 

Ketua Panitia Seminar, Kesti Mona Sinaga yang juga Ketua IKWI Jakarta Barat menjelaskan bahwa kegiatan yang akan menghadirkan narasumber dari lintas sektor.Diantaranya dari Komnas Perempuan, Kanit PPA Polres Metro Jakarta Barat, Kasudin Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat, serta dari Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

 

‘’Para narasumber  akan memberikan pemaparan sesuai dengan  perannya masing-masing dalam ,” kata Mona kepada wartawan Selasa (28/5/2024).

 

Terkait tema seminar, Mona menjelaskan bahwa masyarakat pada umumnya yang menjadi korban kekerasan baik di rumah tangga, komunitas, dan negara lebih memilih untuk bungkam, sehingga itu yang menyebabkan penghalang dalam penanganan kasus kekerasan yang terjadi.

 

Bahkan, korban yang tinggal di desa pelosok dan miskin lebih memilih tidak melaporkan karena terkendala akses biaya, berpikir bahwa jika melaporkan akan banyak biaya yang dikeluarkan dan urusan akan menjadi panjang jika dilaporkan.

 

Sebab itu, Mona mengajak masyarakat untuk memperkuat dan menjadikan keluarga sebagai ruang aman dari kekerasan terhadap perempuan dan anak serta bebas dari diskriminasi.

 

"Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, keluarga seharusnya merupakan tempat aman dan bertumbuhnya potensi kebaikan secara maksimal bagi seluruh anggota keluarganya," ungkap Mona

 

Dia berharap melalui seminar ini, IKWI sebagai salah satu organisasi kewanitaan dibawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya kesadaran masyarakat untuk bertindak nyata dan peduli terhadap korban kekerasan baik kepada perempuan, ibu rumah tangga maupun anak-anak.

 

Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menolak kekerasan yang berada di rumah tangga, mengajak masyarakat untuk membantu memulihkan psikologis para korban kekerasan dalam rumah tangga, serta memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap korban kekerasan rumah tangga.

 

Sebagai informasi, peserta seminar akan dihadiri pengurus dan anggota TP PKK Se-Jakarta Barat; pengurus dan anggota IAD Jakarta Barat; pengurus dan anggota IKWI Pusat; pengurus dan anggota IKWI DKI Jakarta, serta masyarakat umum. (sir/wan)