Hindari PHK, Google Tunda Sebagian Bonus Karyawan

Google menunda sebagian bonus akhir tahun karyawan. Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, karyawan Google menerima bonus penuh pada setiap Januari.

Hindari PHK, Google Tunda Sebagian Bonus Karyawan
Ilustrasi kantor Google (kapanlagi.com)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Google menunda sebagian bonus akhir tahun karyawan. Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, karyawan Google menerima bonus penuh pada setiap Januari.

Google akan membayar bonus karyawan 80% pada bulan ini. Sementara pembayaran sisanya akan dilakukan pada Maret atau April 2023.

"Setelah 2023, bonus penuh akan dibayarkan pada bulan Maret," kata perusahaan dalam sebuah dokumen dikutip dari CNBC, Jumat (20/1/2023).

Pembayaran sebagian bonus ditunda karena CEO Google Sundar Pichai berusaha untuk mengurangi pengeluaran sambil tetap menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Tidak seperti rekan teknologinya Meta, Microsoft dan Amazon, hingga Alphabet.

Para staf menyatakan keprihatinannya terhadap perubahan terbaru pada pembayaran bonus. Beberapa mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui hal tersebut.

Akibat itu, banyak meme dari karyawan Google bermunculan. Ada dengan teks "Ke mana perginya 20% dari bonus saya?"

Induk dari Google, Alphabet dijadwalkan melaporkan pendapatan kuartal IV-2022 pada Februari 2023. Analis memperkirakan pertumbuhan pendapatan kurang dari 2% dari tahun sebelumnya.

Laba per saham diperkirakan turun menjadi US$ 1,18 dari US$ 1,53. Saham Google telah turun 31% dalam setahun terakhir.(eky)