Hii… Seram! Bukan Monster, tapi Ini Hanyalah Foto Seekor Semut

Inilah monster jika dilihat dari dekat. Jika dari jauh, semut tidaklah se-menyeramkan itu dan biasanya kita sentil agar menjauh.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Inilah monster jika dilihat dari dekat. Jika dari jauh, semut tidaklah se-menyeramkan itu dan biasanya kita sentil agar menjauh.

Melansir CNN, Jumat (28/10/2022), foto di atas bukanlah salah satu makhluk baru di House of the Dragon atau cuplikan dari film horor lainnya. Ini adalah foto close-up pemenang sebuah penghargaan, yakni dari seekor semut.

BACA JUGA: Ini Alasannya Wajib Foto Koper Sebelum Check-In Penerbangan


Foto yang menakjubkan ini adalah salah satu dari 57 Images of Distinction dalam Small World Photomicrography Competition. Potret mengerikan itu diambil oleh Eugenijus Kavaliauskas, seorang fotografer asal Lituania.

Ini adalah tahun ke-48 kompetisi itu. Mereka berusaha untuk mengakui keunggulan dalam fotografi melalui mikroskop, menurut rilis berita.

Kontes 2022 menerima hampir 1.300 karya yang berasal dari 72 negara, menurut Nikon. Kavaliauskas sebelumnya bekerja sebagai fotografer burung sebelum beralih ke serangga, menurut situs webnya. Dia menggunakan cahaya yang dipantulkan untuk menangkap muka semut yang mengejutkan itu dari dekat, lengkap dengan apa yang tampak seperti ekspresi marah.

Meski gambar tersebut mendapat sambutan begitu hangat dan viral di internet, Kavaliauskas tidak menerima hadiah utama dalam kompetisi tersebut.

BACA JUGA: Perjalanan Cinta Kiky Saputri dan Khairi, Kenal di Aplikasi Kencan 4 Bulan Jadian Langsung Lamaran


Kehormatan itu diberikan kepada fotografer Swedia Grigorii Timin dan Michel Milinkovitch, yang menghasilkan gambar fluoresen yang indah dari kaki depan embrio tokek raksasa Madagaskar.

Mereka menggunakan perbesaran 63 kali untuk mendokumentasikan pembuluh darah dan tulang kecil di tangan.(eky)