Hidangan Tradisional Guangxi Lipu talas, Aroma Ketan Selama Ratusan Tahun

Soba lipu talas adalah hidangan tradisional terkenal yang disukai penduduk setempat. Berkat keahlian yang baik yang diwariskan dari generasi ke generasi oleh keluarga, Huang Keke "pasca-90-an" telah menjadi pewaris perwakilan dari keterampilan produksi soba Lipu talas.

Hidangan Tradisional Guangxi Lipu talas, Aroma Ketan Selama Ratusan Tahun
guangxi lipu talas ( sumber: chinanews.com)

NUSADAILY.COM - GUANGXI - Soba lipu talas adalah hidangan tradisional terkenal yang disukai penduduk setempat. Berkat keahlian yang baik yang diwariskan dari generasi ke generasi oleh keluarga, Huang Keke "pasca-90-an" telah menjadi pewaris perwakilan dari keterampilan produksi soba Lipu talas.

Melansir chinanews.com, masukkan irisan Lipu talas yang sudah dikupas dan dipotong ke dalam wajan, goreng dan saring hingga kering, goreng perut babi kualitas terbaik, rendam dalam air sampai kulitnya mengambang, dan campurkan keduanya dengan dadih kacang yang difermentasi.

Setelah dibumbui, atur piring dengan interval, dan masukkan mangkuk ke dalam kukusan. Daging kancing keladi lipu kukus mengepul panas dan harum keladi.

BACA JUGA : Mengenal Biji Kopi Geisha yang Bisa terjual Hingga Rp.96...

Sepotong talas dan sepotong daging diantarkan ke mulut, irisan talas ketannya penuh dengan kuah, segar, asin, dan harum, mengenyangkan dan mengenyangkan.

Menurut legenda, keladi Lipu paling awal adalah persilangan antara keladi pinang Fujian dan kentang liar Lipu, yang merupakan penghormatan kepada keluarga kerajaan di Dinasti Qing.

“Talas dengan ukuran sedang, pola yang jelas, dan aroma yang kuat adalah lipu talas terbaik.” Xie Xue, yang menjalankan restoran wisata di Lipu, mengatakan bahwa ketika dia masih kecil, keluarganya miskin dan tidak ada cukup beras untuk musim dingin.

BACA JUGA : Tips Cara Memilih dan Mengolah Daging Sapi Ala Chef Vindex

Hidangan sup sederhana menunjukkan aroma dan rasa Lipu talas yang paling orisinal, dan sup talas menyehatkan perut, "ini adalah 'mangkuk pertama' yang harus dipesan untuk pengunjung sebelum diminum."

Seiring perkembangan zaman, hidangan seperti talas suwir, talas isi, dan talas rebus, serta produk olahan khusus seperti pasta talas, bola talas, bubuk talas pengganti makanan, dan irisan talas bermunculan tanpa henti.

"Di antara semua toko anggur di Lipu, pasti ada hidangan yang terbuat dari keladi Lipu," kata Lan Rongfang, presiden Asosiasi Riset Budaya Lipu Taro di Kota Lipu.

Saat ini, lipu talas hasil tinggi telah menjadi makanan lezat di meja orang-orang di seluruh dunia. Sejak diekspor ke Asia Tenggara pada 1950-an, keladi Lipu telah dijual ke banyak tempat di Asia, Eropa, dan Amerika.(mdr3/lal)