Prof. Amin, Guru Besar FMIPA UM Temukan Alat Pembersih Ruang Pasien Covid

  • Whatsapp
Alat pembersih ruang pasien Covid-19 temuan Prof. Amin guru besar UM. (foto: istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – Prof. Amin, guru besar Universitas Negeri Malang (UM) ini tak berhenti berinovasi. Berbagai tips telah dia sampaikan dalam upaya menanggulangi Covid-19. Yang terbaru dia membuat alat pembersih ruang pasien Covid-19.

Baca Juga

Menurut dia, SARS -CoV2 yang menyebabkan corona virus diseases 2019 (covid19) dengan penyebaran yang sangat cepat melalui droplet infection. Sehingga menimbukan pandemi di dunia. Maka perlu upaya untuk menurunkan penyebaran dan infeksi. Sehingga jumlah pasien menurun dan tenaga Kesehatan tetap terjaga kesehatannya.

Karena penularan melalui droplet infection, maka pencegahan penularan dilakukan dengan mekasime yang mereduksi penularan itu sendiri. “Caranya adalah dengan membersihkan dan mensterilkan ruangan yang terpapar covid-19,” kata Prof. Amin, Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Malang (UM).

Menurut dia, ruangan yang bebas virus menjadikan pasien yang dirawat cepat sembuh karena terhindar dari infeksi berulang. Begitu juga tenaga kesehatan (dokter dan perawat) juga terbebas dari paparan virus. “Inovasi ini berupa alat untuk menyaring udara ruang pasien, ruang ganti ADP (alat perlindungan diri tenaga kesehatan (dokter, perawat),” terang dia.

Dengan bahan dasar berupa karbon aktif bersuhu tinggi, lanjut Amin, membran katalis dan membran berisi nanopartikel. Semua bahan disiapkan untuk menangkap dan membunuh mikroba (meliputi virus, jamur dan bakteri).

Dijelaskannya, produk dari saringan udara ini adalah udara bersih bebas kuman (virus terutama). Sehingga pasien yang dirawat dalam ruang perwatan lebih cepat sembuh dan tenaga kesehatan terjaga dari paparan virus. Karena udara sebagai tempat untuk menularkan virus sudah disaring.(aka)

Post Terkait

banner 468x60