Kamis, Juli 7, 2022
BerandaHeadlineTragedi Berdarah RSI Unisma, Empat Orang Meninggal Dunia Enam Kritis

Tragedi Berdarah RSI Unisma, Empat Orang Meninggal Dunia Enam Kritis

NUSADAILY.COM-MALANG- Tragedi berdarah terjadi di RSI Unisma. membuat kawasan MT. Haryono, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur geger, Selasa (8/9/2020) sore.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sebanyak 10 orang pekerja bangunan yang sedang melakukan pembangunan gedung baru di RSI Unisma mengalami kecelakaan kerja. Akibatnya, empat orang meninggal dunia dan enam orang lainnya dinyatakan kritis.

Informasi awal yang berhasil dihimpun NusaDaily.com, empat orang meninggal di pembangunan gedung RSI Unisma tersebut adalah Rutman Priyono dan Subekti asal Jabung, Kabupaten Malang, Kasianto, asal Pakis, Kabupaten Malang dan Agus Pratama asal Ngantang, Kabupaten Malang.

Keempat korban berusia kisaran 30 sampai 37 tahun. Diduga, mereka tertimpa lift proyek gedung RSI Unisma yang tetiba terjatuh lantaran tali sling putus lantaran tidak kuat menahan beban muatan.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.30 dan bermula dari lift proyek RSI Unisma yang terjatuh dari lantai empat dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Tragedi di RSI Unisma Akibat Sling Putus

tragedi berdarah RSI Unisma
Polisi berjaga di lokasi kecelakaan kerja RSI Unisma.
Foto: Amanda Egatya/nusadaily.com

Koordinator Keamanan RSI Unisma, Budi Santosa mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi ketika para pakerja bangunan baru saja selesai istirahat makan siang. Kemudian, para pekerja tersebut hendak kembali ke lantai empat dengan menggunakan lift rakitan.

“Tapi, pas sudah sampai, sling besi pada lift tersebut terputus,” kata dia kepada induk imperiumdaily.com ini di kawasan RSI Unisma.

Akibatnya, para karyawan bangunan proyek RSI Unisma tersebut jatuh secara bersamaan. Mengetahui kejadian itu, para pekerja bangunan yang masih berada di bawah segera melakukan pertolongan.

“Ada empat orang meninggal dunia, enam orang luka-luka berat. Satu orang ada yang selamat karena memilih berpegangan pada besi,” papar dia terkait kecelakaan kerja di RSI Unisma.

Mengetahui kejadian tersebut, pihaknya langsung menghubungi pihak kepolisian untuk meminta bantuan pertolongan.

“Mengetahui informasi adanya kecelakaan kerja tersebut, anggota Polsek Lowokwaru dan Tim Inafis Polresta Malang Kota langsung bergerak menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi,” terang Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu.

Azi menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, ada 10 orang yang menjadi korban kecelakaan kerja di RSI Unisma. “Ada 10 korbannya, empat orang meninggal dunia dan enam orang luka berat. Seluruh korban kami bawa menuju RSSA Malang,” imbuh dia.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih belum bisa memastikan penyebab kecelakaan kerja di RSI Unisma tersebut. Namun, diduga, kecelakaan kerja tersebut terjadi lantaran tali sling pada lift tersebut putus. Sehingga, lift terjatuh.

“Untuk penyebabnya, kami masih dalami. Terkait adanya human error atau tidak juga masih kami dalami, dengan mengumpulkan keterangan dari beberapa saksi, termasuk dari pengawas proyek,” tandas dia terkait tragedi berdarah RSI Unisma.(nda/cak)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...