Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaHeadlineTanpa Menunggu Pusat, Daerah Mulai Tahapan Karantina Wilayah

Tanpa Menunggu Pusat, Daerah Mulai Tahapan Karantina Wilayah

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Berbagai kepala daerah di Indonesia mulai menyiapkan dan menjalankan skenario karantina wilayah (lockdown lokal) mencegah meluasnya wabah virus corona (COVID-19). Mereka tak ingin penderita COVID-19 di wilayahnya terus bertambah. Karantina wilayah total tinggal menunggu waktu saja.

Provinsi Jawa Barat

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau kepada warga, bila nanti Pemprov Jabar memutuskan lockdown jangan kaget. Pasalnya dia menyatakan hal itu sudah dipikirkan secara matang.

“Kalau nanti waktunya tiba (lockdown wilayah) masyarakat jangan kaget dan tentunya harus kita persiapkan dengan baik,” katanya dilansir dari detik.com.

Ridwan Kamil mengatakan itu untuk menanggapi video berdurasi 29 detik yang tersebar di sejumlah grup WhatsApp. Video itu berisikan perbincangan singkat Ridwan Kamil dan warga yang membahas Bandung akan lockdown.

“Kemarin, dalam video yang viral, memang saya sedang inspeksi dan melihat, memang respons terhadap bekerja di rumah dan social distancing belum dilakukan secara maksimal,” katanya, Minggu 29 Maret 2020.

Kota Bogor Jawa Barat

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebut saat ini Kota Bogor belum menerapkan karantina wilayah atau lockdown lokal.

Namun, keputusan karantina wilayah Kota Bogor akan diambil bila DKI Jakarta telah menetapkan karantina wilayah.

“Jadi tidak ada artinya kalau DKI kemudian tidak melakukan pembatasan-pembatasan yang signifikan, kemudian Kota Bogor dan Kabupaten Bogor melakukan lockdown,” kata Dedie, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 29 Maret 2020.

Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Ciamis telah memberlakukan karantina lokal terbatas selama satu bulan ke depan. Keputusan itu dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kami tim gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 Ciamis bersepakat memutuskan untuk Kabupaten Ciamis akan melaksanakan karantina lokal terbatas,” kata Bupati Ciamis Herdiat didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra di Pendopo, Minggu 29 Maret 2020.

Herdiat menjelaskan, dalam karantina lokal terbatas ini bukan berarti menutup akses masuk ke Ciamis. Namun akan melakukan pengetatan, penyekatan dengan menyiagakan cek poin di perbatasan beberapa pintu masuk Ciamis.

Kota Tasikmalaya Jawa Barat

Untuk Kota Tasikmalaya, penerapan karantina wilayah akan dimulai pada Selasa, 31 Maret 2020. Pemkot Tasikmalaya menyebut pihaknya akan meminimalkan masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman.

“Kita meminimalisir yang mudik dan pulang kampung karena banyak sekali sekarang pabrik yang tutup di Jabodetabek dan sebagainya. Kami sepakati rencana Selasa (31 Maret) akan karantina wilayah,” kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Sabtu 28 Maret 2020.

Kota Tegal Jawa Tengah

Wali Kota Tegal, Jawa Tengah Dedy Yon Supriono mengajak kepada kepala daerah se-Indonesia untuk melakukan isolasi wilayah di daerahnya masing-masing. Ajakan ini untuk memutus rantai penyebaran wabah virus Corona (COVID-19).

“Kepada Bapak, Ibu Gubernur dan juga Wali Kota dan Bupati se-Indonesia, ayo kita mulai dari Kota Tegal, agar semuanya melakukan isolasi wilayah. Ini demi keamanan kita bersama,” kata Dedy Yon di sela meninjau persiapan isolasi wilayah Kota Tegal, Minggu 29 Maret 2020.

Isolasi wilayah di Kota Tegal dilakukan dengan menutup 49 titik akses masuk Kota Tegal. Pemblokiran akses jalan ini dengan menggunakan movable concrete barrier (MCB) beton dan direncanakan berlangsung mulai 30 Maret 2020 hingga 30 Juli 2020.

Provinsi Papua

Diketahui, Provinsi Papua telah menutup akses keluar-masuk dari pintu laut (pelabuhan), udara (bandara), maupun darat (PLBN) sejak 26 Maret hingga 8 April 2020. Penutupan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama, yang dipimpin oleh Gubernur Lukas Enembe dan diteken oleh Kapolda Papua hingga Pangdam Cenderawasih, pada Selasa 24 Maret 2020

Pulau Bali

Pada wilayah Bali, Gubernur Bali I Wayan Koster melalui surat edaran mengimbau masyarakat Bali mengurangi aktivitas di luar rumah. Masyarakat juga diimbau mengurangi dan menunda perjalanan ke luar dan ke dalam Bali.

“Tidak berkumpul, mengurangi interaksi, pengumpulan massa dan menjaga jarak sosial dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah,” kata Koster dalam surat edaran, Jumat 27 Maret 2020

DKI Jakarta

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan pihaknya saat ini tengah membahas kemungkinan penerapan karantina wilayah di Jakarta. Hal tersebut juga telah masuk pembahasan Anies bersama Forkopimda, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bersama Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya.

“Jadi itu termasuk yang sedang dibahas. Nanti kalau sudah final, akan kami umumkan,” kata Anies seperti dilihat dari siaran langsung akun YouTube Pemprov DKI, Sabtu 28 Maret 2020. (yos)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily