Kamis, Juni 30, 2022
BerandaHeadlineKouta Haji untuk Indonesia diumumkan, Maman Imanulhaq Minta Pemerintah Bekerja

Kouta Haji untuk Indonesia diumumkan, Maman Imanulhaq Minta Pemerintah Bekerja

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Arab Saudi baru saja mengumumkan kuota haji tahun untuk 2022. Pemerintahan tersebut memutuskan hanya memberi jatah haji kepada 1 juta orang kepada semua negara. Sementara Indonesia diberikan kuota sebanyak 57 ribu sampai 60 ribu jamaah haji.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB, KH Maman Imanulhaq menyambut baik keputusan kerajaan Arab Saudi tersebut. Meski jumlah kuota haji jauh berbeda dengan sebelum adanya pandemi.

Oleh karena Itu, Anggota Komisi VIII DPR RI itu meminta pemerintah Indonesia segera bekerja cepat menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan baik dari dalam negeri hingga sarana prasarana di Arab Saudi. Agar jamaah Indonesia terangkut dan terlayani dengan baik selama masa haji.

Dia juga menyebut, bahwamasih mungkin jumlah kuota haji yang telah diketok sebanyak 60 ribu kepada WNI, bisa ditambah dengan kondisi bila negara lain tidak mengirimkan jamaah hajinya.

Kuota Haji Masih Bisa Ditambah

“Jumlah kuota haji yang diberikan kepada kita masih mungkin ditambah, namun kita menunggu ada negara yang tak mengirim jamaah,” kata politisi yang akrab disapa Kiai Maman langsung dari Mekkah kepada media, Sabtu (9/4).

Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi ini pun mengungkapkan sejumlah syarat bagi jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada masa pandemi ini. Pemerintah Saudi, kata Kiai Maman, memutuskan untuk tidak memberikan izin kepada jamaah di atas usia 65 tahun. Calon jamaah haji juga wajib telah menerima suntikan booster vaksin Covid-19 serta negatif Covid yang dibuktikan dengan test PCR di negara asal.

Kiai Maman memahami keputusan pemerintahan Saudi ini yang menambahkan sejumlah syarat bagi jamaah haji. Tentu menurutnya hal itu dilakukan demi keselamatan jamaah haji di masa pandemi.

Dia mengaku lega, dengan adanya pengumuman tersebut.Pasalmya sedari awal PKB begitu getol dan all out mengawal jatah kuota haji untuk masyarakat Indonesia.

Bahkan, rombongan PKB yang dipimpin Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang juga Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesra, terbang langsung ke Arab Saudi.Dengan melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak, seperti Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Daker Mekah Madinah, Syirkah atau Muassah, dan pihak lain demi kuota dan kelancaran haji tahun ini.

“Kami di bawah arahan Ketua Umum PKB Gus Muhaimin Iskandar ingin memastikan fasilititas haji baik transportasi, penginapan, dan catering terlayani dengan baik untuk jamaah haji asal Indonesia,” tutupnya.(sir/aka)

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Transfer Lewandowski ke Barcelona Belum Juga Deal, karena Kendala Ini

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Barcelona belum juga mampu mewujudkan transfer Robert Lewandowski. Barcelona meminta Lewandowski bersabar karena mereka masih terus mengusahakan kepindahannya. Barcelona menjadikan Lewandowski...